Tokoh Agama Apresiasi Antusias Warga Dorompana Nyulap Bukit Sultan jadi Objek Wisata -->

Iklan Semua Halaman

.

Tokoh Agama Apresiasi Antusias Warga Dorompana Nyulap Bukit Sultan jadi Objek Wisata

Thursday, December 31, 2020
A. Malik, S.Sos tokoh agama setempat. Saat berbincang-bincang dengan wartawan di atas bukit Sultan Syamsuddin. Dokumentasi Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Salah seorang tokoh agama A. Malik, S.Sos mengapresiasi antusias pemuda dan pemudi Lingkungan Dorompana Kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu Kabupaten atas keinginannya yang begitu tinggi dengan menyulap Bukit Sultan menjadi salah satu objek Wisata.


"Saya sangat bangga terhadap masyarakat di sini (Dorompana) karena sudah menata bukit yang bersejarah ini menjadi tempat wisata, meskipun saat ini belum mencapai 100 persen jadi," ungkapnya di atas Bukit Sultan Syamsuddin, Kamis (31/12/2020) sore.


Dikatakan pria yang bertugas di Lembaga Kemasyarakatan (Lapas) Kabupaten Dompu ini, semangat muda-muda dalam menata dan merubah tempat Makam Sultan yang bergelar Sohibul Karomah Wal Fadhillah dan Dewa Ma Wa'a Bata dan dinobatkan sebagai Sultan Pertama di Dompu pada tanggal 24 September 1545 Masehi ini pihaknya akan turut menyukseskan keinginan warga setempat. 


"Tentu saya akan mendukung dalam pembaharuan bersama pemuda dan pemudi dan berjuang tetap tegar dan kuat hadapi segalanya dengan hati yang terang  dan luang, ikhlas untuk bekerja sama, demi membangun dan  menata bukit Sultan sebagai tempat yang punya sejarah," terangnya.

Spot foto yang baru dibangun oleh pemuda Dorompana. Foto Poris Berita11.com.

Ia berharap, setelah ditata dan dibenahi, bukit Sultan mendapat sorotan dari semua pihak terutama pemerintah, baik daerah maupun provinsi sehingga Kabupaten Dompu dikenal punya bukit yang bersejarah pada jaman kesultanan sebelum masa kerajaan.


"Mudah-mudahan, bukit kesultanan ini nantinya, setelah dibersihkan dan ditata oleh pemuda dan pemuda ini, akan mendapatkan dukungan dari pemerintah, agar bisa dijadikan tempat wisata yang terhebat di Kabupaten Dompu dan tidak kalah menariknya di tempat-tempat lain," harapnya.


Melalui kesempatan ini, guru pengajian ini juga mengajak seluruh masyarakat lebih khusus di Kabupaten Dompu untuk berziarah kuburan sulan Syamsuddin sembari berfoto-foto dan menikmati indahnya panorama bumi Nggahi Rawi Pahu.


"Kami mempersilahkan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk menikmati aura keindahan di atas bukit dorompana, apalagi di bukit ini kita bisa melihat semua suasana kelap-kelip keindahan Kota Dompu," ajaknya.


Untuk diketahui, pada Kamis (31/2) pagi, Bukit Sultan dikunjungi Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Dompu, meski tenaga sedikit terkuras namun penasaran itu dapat terobati dengan menikmati pemandangan yang cukup memanjakan mata. [B-10]