Curi Induk Sapi, Petani di Soromandi Diamankan Polsek Donggo -->

Iklan Semua Halaman

.

Curi Induk Sapi, Petani di Soromandi Diamankan Polsek Donggo

Saturday, January 30, 2021
Barang Bukti Sapi yang Dicuri Dua Petani di Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima.


Bima, Berita11.com— Kepolisian Sektor (Polsek) Donggo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat menciduk pemuda 23 tahun berinisial HH, warga Dusun Bina Baru, Desa Wadukopa, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, Jumat (29/1/2021).

Pria berprofesi sebagai petani tersebut melancarkan aksi pencurian ternak di So Saketo, Desa Wadukopa, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima. Sapi yang dicuri merupakan milik H Salahuddin, warga satu kampong terduga pelaku.

Kapolres Bima, AKBP Gunawan Tri Hatmoyo melalui Kepala Sub-Bagian Hubungan Masyarakat, Kepolisian Resor Bima, Ajun Komisaris Polisi Hanafi menjelaskan, peristiwa pencurian dilakukan terduga pelaku berinisial HN bersama rekannya berinisial JN, yang mana rekannya tersebut masih dalam pencarian aparat kepolisian.

“Berangkat dari rumahnya menuju ke kebun jagung milik sdra pelaku HN dengan tujuan untuk mengecek tanaman jagung. Setelah itu menuju ke kebun milik korban dengan tujuan untuk mencuri sapi,” ujar AKP Hanafi, Sabtu (30/1/2021).

Dikatakan AKP Hanafi, setelah tiba di kebun milik korban, HN dan JN merusak pagar kebun korban agar sapi milik korban bisa keluar dari kebun. Setelah sapi sudah di luar, terduga pelaku berinisial JN menangkap induk sapi tersebut dan mengikat dengan tali yang sudah mereka siapkan dari rumah.

Salah Satu Terduga Pelaku Pencurian Ternak yang Diamankan Polisi.


Selanjutnya jelas AKP Hanafi, JN menyuruh pelaku HN menarik sapi tersebut. Setelah sapi korban ditarik lebih kurang 50 meter, dilihat oleh salah satu saksi bernama Sudirman. Ketika itu saksi menanyakan mau bawa ke mana sapi itu.

“Pelaku HN langsung melepas tali sapi tersebut, kemudian beralasan sapi tersebut mau cari pemiliknya karena sudah merusak pagar kebunnya. Setelah itu pelaku HN langsung pergi menuju kebun jagung miliknya dan pelaku JN meninggalkan lokasi,” ujar Hanafi.

Dikatakannya, sehubungan adanya laporan dari Kades Wadukopa melalui sambungan nomor gawa (handphone) yang diterima oleh Kepala Polsubsektor Soromandi bahwa salah satu pelaku pencurian sapi HN telah diamankan di rumah Kades, maka Kepala Polsubsektor Soromandi IPDA Zulkifli bersama anggotanya menjemput HN dan barang bukti berupa kartu ternak ekor sapi betina induk.

“Satu ekor sapi betina induk dan 1 lembar kartu ternak kemudian diserahkan pada Polsek Donggo untuk diproses lebih lanjut,” ujar AKP Hanafi.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat kasus pencurian dengan pemberatan sebagaimana diatur dalam Pasal 363 ayat (1) ke 1, ke 4 KUHP. [B-11]