FORKOBI: Warga Kota Bima belum Membutuhkan Kehadiran Alfamart -->

Iklan Semua Halaman

.

FORKOBI: Warga Kota Bima belum Membutuhkan Kehadiran Alfamart

Thursday, January 7, 2021
Ketua FORKOBI Jakarta, Muh. Fikriawansyah. Foto Ist.



Kota Bima, BeritMa11.com— Ketua Umum Forum Kota Bima Jakarta (FORKOBI JAKARTA) yakni saudara Muh. Fiqriawansyah menyebut warga Kota Bima belum membutuhkan kehadiran Alfamart, sehingga sebaiknya pemerintah fokus pada pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) dan usaha kecil lainnya.

Diakuinya, awal tahun 2021 merupakan tahun yang sangat besar peluang investasi masuk di daerah kecil seperti Kota Bima, belum lagi masuknya retail Alfamart di Kota Bima. Hal itu sudah ditanggapi oleh warga. Ada merespon positif karena peluang kerja dan adapula yang merespon negative karena membunuh usaha kecil.

Menurut Fiqri; Pemkot mesti berfikir untuk kemajuan ekonomi mikro dan menengah, lebih-lebih untuk kegiatan usaha-usaha kecil yang dibangun oleh Warga Kota Bima pada umumnya.

“Jika Alfamart sudah beroperasi di Kota Bima. Bagaimana dengan usaha kecil, pedagang-pedagang kaki lima, pasar murah? Tentu hadir kerugian bagi para usaha kecil,” ujarnya Rabu, (6/1/2021).

Dia menyarankan sebaiknya Pemkot fokus pada pengembangan program UMKM di Kota Bima dalam massa pendemi Covid19. Sesuai arahan Presiden RI, bantuan dana diberikan bagi 12 juta UMKM di seluruh Indonesia senilai Rp2,4 juta, yang mana hal itu sebagai isyarat pemerintah pusat mementingkan dan memerhatikan UMKM terutama di tengah pandemi Covid-19.

Dia menambahkan, pemerintah daerah tidak terlalu percaya diri (over confidence) atas kehadiran retail Alfamart. “Mesti berfikir panjang untuk warga Kota Bima pada umumnya,” pungkasnya. [B-12]