Hadiri Dzikir dan Shalawat di Atas Bukit Sultan, Kadisbudpar: Masya Allah Indahnya -->

Iklan Semua Halaman

.

Hadiri Dzikir dan Shalawat di Atas Bukit Sultan, Kadisbudpar: Masya Allah Indahnya

Friday, January 1, 2021
Kadisbudpar H. Khairul Insyan, MM. Foto ist.


Dompu, Berita11.com - Kapala Dinas Kebudayaan dan Pariwista (Kadisbudpar) Kabupaten Dompu H. Khairul Insyan, MM mengaku bahwa aura keindahan Bukit Sultan sungguh sangat luar biasa.


Hal itu diakuinya saat menghadiri kegiatan Dzikir dan Shalawat bersama dalam rangka pergantian tahun 2020 ke 2021 di atas bukit Sultan yang terletak di Lingkungan Dorompana, Kelurahan Kandai Satu, Dompu NTB, Kamis (31/12) malam.


Aji Mpera (nama panggilan) mengaku, pihaknya sangat mengagumi dengan tempat dan suasana Bukit Sultan, karena, dari atas bukit itu terlihat dengan jelas keindahan bumi yang bermotokan Nggahi Rawi Pahu ini.


Untuk itu, pihaknya mengapresiasi terhadap warga dorompana yang lebih memilih mengadakan kegiatan Dzikir dan Shalawat di atas Bukit Sultan dari pada berhura-hura dalam perayaan malam pergantian tahun. 


"Saya bangga terhadap adik-adik yang kreatif yang menciptakan nuansa wisata sejarah yang juga beriringan nuansa religius di sini, saya nggak nyangka, Masya Allah indahnya ketika berada di atas bukit Sultan, ini sangat luar biasa," kata Kadisbudpar.


Aji Mpera berjanji, pihaknya akan mengusulkan kepada Pemerintah Daerah bahwa kegiatan yang bernuansa Islam seperti itu dijadikan satu rangkaian utama dalam kegiatan tahunan seperti hari ulang tahun dompu meskipun hanya ditetapkan dalam peraturan baik di tingkat Kelurahan, Bupati atau peraturan Daerah.


"Mudah-mudahan ini menjadi sebuah agenda tahunan, katakanlah pada perayaan hari ulang tahun Dompu setiap tanggal 11 April, Insya Allah, akan kami usulkan, tempat ini untuk menjadi tempat ziarah setiap tahun oleh tokoh agama, tokoh pejabat dan tokoh agama," seruannya.


Melalui kesempatan itu pula, Aji Mpera memberikan dorongan dan motifasi untuk para muda, bukan hanya di Lingkungan Dorompana saja, tetapi di seluruh Kabupaten Dompu agar terus menciptakan nuansa baru apalagi tempat yang memiliki jejak sejarah seperti di Bukit Sultan Syamsuddin.


"Semoga kreatif dan inovasi yang ditunjukan pemuda dorompana  sebagaimana yang kita saksikan ini juga diikuti oleh pemuda-pemuda di tempat lain sehingga menjadi tujuan wisata yang tidak hanya masyarakat lokal saja yang merasakan, tetapi juga akan menjadi viral dan menjadi spot destinasi untuk Kabupaten Dompu," imbuhnya.


Penyambutan tahun baru 2021 ini, kata Aji Mpera, merupakan momen yang bersejarah sepanjang tahun, yang dimana pada malam pergantian tahun baru kali ini disambut dengan memuji nama Allah SWT melalui dzikir dan sholawat bersama di tempat sultan pertama yang membawa Islam di dompu.


Sebelum mengakhiri sambutannya, Kadisbudpar langsung membuka kegiatan dzikir dan sholawat yang digelar para pemuda setempat. [B-10]