Pegiat Wisata Bima: Makam Sultan Syamsudin di Dompu Perlu Sentuhan Pemerintah -->

Iklan Semua Halaman

.

Pegiat Wisata Bima: Makam Sultan Syamsudin di Dompu Perlu Sentuhan Pemerintah

Sunday, January 3, 2021
Tokoh Pegiat Wisata dari Bima Ratna Nana saat berkunjung Makam Sultan Syamsuddin. Foto Poris Berita11.com. 


Dompu, Berita11.com - Makam Sultan Syamsudin yang bergelar Sohibul Karomah Wal Fadhillah dan Dewa Ma Wa'a Bata dan dinobatkan sebagai Sultan Pertama yang membawa Islam di Dompu pada tanggal 24 September 1545 Masehi perlu dibenahi atau sentuhan dari pemerintah.


Hal itu disarankan oleh salah seorang wanita yang berdomisili di Desa Bajo, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima yang juga pegiat wisata yakni Ratna Nana saat berkunjung ke Bukit Sultan, Minggu (3/1/2021) sore.


Menurut wanita yang familiar sapaan Mbak Nana ini, kuburan yang meninggalkan jejak sejarah itu sangat disayangkan, jika tidak diperhatikan oleh pemerintah setempat, apalagi tempatnya berbarengan dengan view pemandangan yang sangat luar biasa indahnya.


"Kepedulian Pemerintah Daerah sangat diperlukan dalam menata dan membenah makam ini, bila perlu dipagar keliling kemudian di cet sehingga terlihat rapi dan indah," saran Mbak Nana.


Soal pemandangannya, lanjut Mbak Nana, sudah tak ada yang diragukan lagi, dari atas Bukit Sultan dapat terlihat indahnya panorama alam dan Kota Dompu, ditambah lagi dengan angin sepoi-sepoi bikin tubuh jadi adem dan sejuk.

Pengunjung Bukit Sultan Mbak Nana dan teman-teman saat Selfi di atas spot foto Bukit Sultan. Foto Poris Berita11.com

"Spot foto juga perlu ditambah biar banyak, jadi kalau sudah dibenahi semua itu pasti tempat ini lebih keren lagi," usul Mbak Nana.


Di tempat yang sama, pengunjung yang barengan Mbak Nana yakni Marsono mengusulkan agar tangga pendakian dibuatkan pegangan bagi para pengunjung atau peziarah Makam Sultan agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan.


"Tambah bagus lagi kalau tangga pendakian ini yang menuju Bukit Sultan dipasangin pegangannya dan diberi cet pasti kelihatannya keren, selain itu keselamatan pengunjung terjamin aman," saran dia. 


Berangkat dari ide cemerlang para pemuda di lingkungan Dorompana, Kelurahan Kandai Satu yang sudah menata Bukit Sultan menjadi sebuah Objek Wisata, kedua tokoh ini sangat mengapresiasi, hanya saja dukungan pemerintah yang dibutuhkan.


"Saya acungi jempol kepada para pemuda lebih khusus di sini yang telah merubah tempat bersejarah ini menjadi salah satu objek wisata, dan ini perlu didukung oleh semua pihak," isyarat kedua pengunjung ini. [B-10]