Pemuda Karang Taruna Desa Mumbu Wujudkan Embung Tonda Jadi Objek Wisata Terindah -->

Iklan Semua Halaman

.

Pemuda Karang Taruna Desa Mumbu Wujudkan Embung Tonda Jadi Objek Wisata Terindah

Thursday, January 14, 2021
Sejumlah pemuda Karang taruna Desa Mumbu saat Selfi bersama usai menata lokasi Embung. Foto ist.


Dompu, Berita11.com - Untuk mewujudkan Embung Tonda atau yang dikenal dengan sebutan Embung Jaya menjadi suatu objek wisata terindah, sejumlah pemuda Karang Taruna Desa Mumbu, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu NTB melakukan penataan atau pembenahan lokasi Embung Tonda pada, Rabu (13/1/2021).


Bagaimana tidak, Embung yang terletak di ujung selatan Desa Mumbu ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, selain itu tempatnya sangat eksotis dan sejuk.


Embung yang luasnya lebih kurang 1300 m2 dengan kedalam 10 meter ini, diapit oleh beberapa gunung dengan ribuan pepohonan yang masih asri menjadikan pemandangan terlihat indah dan memanjakan mata.


"Ya,, pemuda di sini sepakat untuk menjadikan Embung ini jadi sebuah objek wisata yang terindah," kata ketua Karang Taruna desa setempat Rudini.

Pemuda Karang Taruna Desa Mumbu. Foto ist.

Menurut pria 27 tahun ini, bantalan dari embung tonda selatan sendiri menghubungkan dua gunung yang berada di sisi selatan dan utara.


Sementara, di atas bantalan Embung itulah dijadikan sebagai tempat untuk mengabadikan momen indah saat berkunjung di Embung Tonda.


Sedangkan di sisi selatan, lanjut Rudini terdapat bukit yang begitu indah, hanya saja keindahannya tidak bisa dinikmati sepenuhnya, karena akses untuk berada di bukit itu sedikit ada hambatan.


"Potensi inilah yang dimanfaatkan oleh sekelompok anak muda yang memiliki semangat yang tinggi untuk memajukan desa kami, khususnya di bidang pariwisata," ujarnya.


Dalam mewujudkan Embung Tonda menjadi objek wisata terindah ini dapat dukungan dari pemerintah desa setempat sehingga, pemuda Karang Taruna dan Pemerintah Desa membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Mumbu. [B-10]