Peringati HUT ke 39, WANAPALA NTB Gelar Lomba Penanaman Bibit -->

Iklan Semua Halaman

.

Peringati HUT ke 39, WANAPALA NTB Gelar Lomba Penanaman Bibit

Sunday, January 31, 2021
Usai melakukan lomba penanaman bibit pohon, sesi foto bersama antara peserta dan sejumlah panitia di lokasi penanaman. Foto Dokumen Join Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 39 Tahun 2021, Wahana Pencinta Alam (WANAPALA) NTB menggelar lomba penanaman bibit di lokasi Bendungan Mila Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Minggu (31/1/2021).


Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat pelestarian lingkungan dengan melihat kondisi hutan yang sudah kritis sesuai dengan tema yang diusung yakni "Lestarikan Kampung Halaman".


Sementara, peserta yang mengikuti lomba terdiri dari pemuda dan pemudi yang tergabung dalam organisasi Pecinta Alam (PA) yang ada di Kabupaten Dompu.


Wakil Ketua Dua, WANAPALA NTB Arie Syahdi Gare, pria (27) kepada Berita11.com menjelaskan, kegiatan yang berlangsung merupakan swadaya dari WANAPALA dan didukung Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Kabupaten Dompu.


Kegiatan itu juga kata dia, selain menumbuhkan semangat pelestarian lingkungan juga untuk mencegah adanya bencana alam dan memberikan efek positif bagi masyarakat. 


"Kegiatan ini bentuk dari kepedulian kami terhadap lingkungan dan dibantu oleh pihak BPDAS Kabupaten Dompu," jelas Arie Syahdi Gare via pesan WhatsAapp.


Adapun jenis bibit yang ditanam, lanjut Arie Syahdi, diantaranya Kemiri dan Imba dan jumlah bibit yang ditanam disesuaikan dengan jumlah banyaknya peserta yang mengikuti lomba.


"Dengan adanya kegiatan penanaman, menjadikan individu yang bertanggungjawab terhadap pelestarian lingkungan dan perawatan berkelanjutan, lebih khusus Bendungan Mila," katanya.


Aksi yang dilakukan WANAPALA NTB ini memang tidak dirasakan manfaatnya sekarang, namun 10 hingga 15 tahun kedepan tentu dirasakan manfaatnya.


Untuk itu, Arie Syahdi berharap sekaligus menghimbau terhadap warga terutama di wilayah sekitar agar bisa menjaga dan merawat bibit yang sudah ditanam.


"Semoga masyarakat lebih khusus di sekitar Bendungan Mila bisa menjaga dan merawat agar bisa hidup dan berkembang dengan baik," pungkasnya. [B-10/Join]