Puluhan Rumah Warga di Desa Bara Digenangi Banjir Luapan Sungai yang Sempit -->

Iklan Semua Halaman

.

Puluhan Rumah Warga di Desa Bara Digenangi Banjir Luapan Sungai yang Sempit

Friday, January 8, 2021
Banjir melanda Desa Bara Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Foto Poris Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Ada sekitar puluhan rumah warga di Desa Bara, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu NTB Jumat (8/01/2021) siang, sekira pukul 13.00 Wita, digenangi banjir luapan sungai yang begitu sempit.


Puluhan rumah warga yang digenangi banjir ini berada di lokasi bantaran atau tepian sungai dengan ketinggian air sekitar paha orang dewasa.


Menurut warga setempat M. Tazwed, SH banjir yang meluap di pemukiman warga disebabkan curah hujan yang deras selama kurang lebih 3 jam yang melanda so Ncando dan Lalembo. Terlebih, hutan dan gunung di sekitar wilayah tersebut sudah pada gundul. 


"Hingga saat ini, kami belum bisa memastikan seberapa banyak kerugian beserta yang rusak dialami warga akibat kejadian ini," kata warga setempat. 


Pantauan Berita11.com, beberapa masyarakat terlihat sibuk menyelamatkan harta bendanya dan beberapa petugas dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa turut membantu untuk  menyelamatkan barang-barang milik warga binaannya.


Bhabinkamtibmas Desa setempat Bripka Supriyadin menuturkan, peristiwa itu menjadikan catatan penting untuk dibenahi dan menjadikan renungan bersama bagaimana bahayanya banjir, apalagi menjadi langganan tiap tahunnya.


Untuk itu, Supriyadin menghimbau terhadap warga binaannya untuk saling menyelamatkan hutan lebih-lebih melestarikan hutan.


"Upaya penyelamatan hutan ini perlu kesadaran kita semua terutama melakukan rehabilitasi hutan dan lahan," imbuhnya.


"Hal itu juga perlu dilakukan oleh seluruh pihak terutama masyarakat agar sama-sama menghentikan upaya perambahan dan perladangan liar serta perluasan areal perladangan liar," pungkasnya. [B-10]