Tegaskan tak Ada Pemotongan, Kalak BPBD KSB Isyaratkan Pencairan Sisa Dana Gempa Mulai 4 Januari -->

Iklan Semua Halaman

.

Tegaskan tak Ada Pemotongan, Kalak BPBD KSB Isyaratkan Pencairan Sisa Dana Gempa Mulai 4 Januari

Monday, January 4, 2021
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa Barat, Ir Lalu Muhammad Azhar MM.  


Taliwang, Berita11.com— Simpang siurnya informasi berkaitan sisa dana gempa yang belum dicairkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kepada penerima manfaat selama ini akhirnya terjawab sudah.

Kapala Pelaksana BPBD KSB Ir Lalu Muhammad Azhar MM saat dihubungi Berita11.com melalui sambungan telepon mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah menerima transfer dana siap pakai (DSP) dari pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB ).

Azhar menjelaskan, dana sebesar Rp3.205.000.000 itu diterima melalui rekening BPBD pada 28 Desember 2020 lalu. “Benar pak bahwa hari ini akan mulai pencairan sisa dana gempa yang Rp510.000 setiap penerima manfaat. Kebetulan BPN mentransfer dana senilai Rp3,2 miliar lebih ke rekening BPBD KSB pas tanggal 28 Desember 2020 tahun lalu,” kata Azhar, Senin (4/1/2020).

Dia berharap kelanjutan rehab dan rekon rumah warga terdampak musibah gempa di KSB tuntas.

Disinggung apakah akan ada pemotongan lagi dalam proses pencairan, dia memastikan tidak ada pemotongan. “BPBD tidak ada buat aturan, tidak memberikan kewenangan pada tim peliuk untuk melakukan pemotongan. Semua bersih diterima oleh penerima manfaat,” katanya. Menurut dia, selebihnya berkaitan pemotongan bergantung kesepakatan antara tim peliuk dengan penerima manfaat. “Tapi kalau dari kami (BPBD) tidak membolehkan adanya pemotongan,” tandasnya. [B-14]