Tim Opsnal Brimobda NTB Sukses Amankan 13 Unit Sepeda Motor dari Sindikat Curanmor, Dua Dilumpuhkan Timah Panas -->

Iklan Semua Halaman

.

Tim Opsnal Brimobda NTB Sukses Amankan 13 Unit Sepeda Motor dari Sindikat Curanmor, Dua Dilumpuhkan Timah Panas

Saturday, January 30, 2021
Belasan Sepeda Motor Hasil Curian yang Berhasil Diamankan Tim Opsnal Satuan Brimobda NTB Setelah Menangkap Pelaku dan Penadah, Sabtu (30/1/2021). Foto B-12/ Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Tim Opsnal Brimobda NTB yang dipimpin Kanit Resmob Batalyon C Pelopor Bima, Bripka Ardi Baron Bayuseno berhasil mengamankan 13 unit sepeda motor hasil curian oleh sindikat pencuri sepeda motor (Curanmor) di wilayah Kota Bima dan Kabupaten Bima, Sabtu (30/1/2021). Dua dari empat pelaku kejahatan berkaitan Curanmor tersebut merupakan mahasiswa.

Polisi terpaksa melepaskan tembahkan untuk melumpuhkan dua pelaku, karena berupaya kabur saat ditangkap Tim Opsnal Brimobda NTB.

Kanit Resmob Batalyon C Pelopor Bima, Bripka Ardi Baron Bayuseno menjelaskan, empat pelaku yang ditangkap Tim Opsnal yaitu masing-masing berinisial HR (19), mahasiswa asal RT 23/08 Dusun Lewi Ruma Desa Sangia Kecamatan Sape Kabupaten Bima yang berperan sebagai pemetik kendaraan bermotor, RM (20), mahasiswa asal RT 15/08 Dusun Sangia Desa Sangia Kecamatan Sape Kabupaten Bima yang berperan sebagai pemetik.

Adapun pelaku lain GF (21), petani petani RT 15/08 Dusun Sangia Desa Sangia Kecamatan Sape Kabupaten Bima yang berperan sebagai penadah dan IMS (33), petani asal RT 14 /05 Lingkungan Pusu Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba Kota Bima.

Dijelaskan Bripka Ardi Baron Bayuseno, sesuai hasil pengembangan, Tim Opsnal Polda NTB berhasil mengamankan dua pelaku yang berperan sebagai pemetik dan barang bukti sekitar 12 unit sepeda motor yang berada di lokasi yang berbeda. Adapun total sepeda motor yang diamankan 13 unit. Rinciannya 4 unit diamankan dari Desa Sangiang Kecamatan Sape, 1 unit di Desa Sumi Kecamatan Lambu, 2 unit di Kecamatan Wawo, 2 unit di Desa Pai Kecamatan Wera Kabupaten Bima dan 4 unit di Kelurahan Ntobo, Kecamatan Raba, Kota Bima.




Penangkapan setelah adanya perintah Kasi Intel Satbrimobda NTB AKP. I.GB. Eka Prasetia SH kepada Tim Opsnal Brimobda NTB untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan serta pencurian sepeda motor di wilayah hukum Polres Bima dan Polres Bima Kota.

Hasil penyelidikan Tim Opsnal Satbrimobda NTB yang dipimpin Bripka Ardi Baron Bayuseno mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada transaksi jual beli motor bodong di Gedung Serba Guna Desa Naru Kecamatan Sape, Kabupaten Bima. Setelah itu, Tim Opsnal Satbrimobda NTB bergerak cepat menuju lokasi transaksi tersebut.

Sebelum Tim Opsnal melaksanakan kegiatan, Danyon Batalyon C pelopor Kompol Hariyanto SH S.Ik memberi arahan agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta menghindari benturan dengan masyarakat.

Pada Jumat, 29 Januari 2021 pukul 20.00 Wita. Tim Opsnal menyamar sebagai pembeli sepeda motor hasil curian dan menghubungi salah seorang penadah di lokasi yang ditentukan. Setelah tiba di lokasi, tim langsung mengamanakan penadah tersebut. Setelah itu, Tim Opsnal mengamankan pelaku dan barang bukti ke Mako Kompi 3 Batalyon C Pelopor. Setelah itu, Tim Opsnal Satbrimobda NTB melakukan introgasi dan pendalaman untuk bahan pengembangan guna mendapatkan barang bukti lainnya serta untuk mengetahui keberadaan pelaku lain untuk diproses lebih lanjut.

Dikatakan Bripka Ardi Baron, pada Sabtu, 30 Januari 2021 sekira pukul 06.00 Wita, Tim Opsnal bergerak melakukan pengembangan hasil pendalaman terhadap penadah yang sebelumnya berhasil diamankan terlebih dahulu.

Dari pengembangan tersebut Tim Opsnal Polda NTB berhasil mengamankan dua pelaku yang berperan sebagai pemetik. Selain itu, mengamankan barang bukti sekitar 12 unit sepeda motor yang berada di lokasi yang berbeda. Total barang bukti yang diamankan 13 unit sepeda motor.

Sekira pukul 15.00 Wita, sejumlah pelaku dan barang bukti yang diberhasil diamankan dibawa ke Mako Brimob Batalyon C Pelopor Bima. [B-12]