Banjir Bandang di Hu'u Hantam 550 Unit Rumah, Dua Desa Rusak Parah -->

Iklan Semua Halaman

.

Banjir Bandang di Hu'u Hantam 550 Unit Rumah, Dua Desa Rusak Parah

Sunday, February 28, 2021
Kondisi rumah warga pascadihantam banjir bandang. Dok. Berita11.com 


Dompu, Berita11.com - Curah hujan yang cukup tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu NTB Sabtu (27/2) malam, sehingga menyebabkan terjadinya banjir bandang yang menghantam sedikitnya lima desa.


Dari lima desa yang terendam banjir dua diantaranya mengalami kerusakan parah yakni Desa Daha dan Desa Marada sedangkan tiga desa lainnya yang terendam banjir yakni Desa Rasabou, Desa Jala dan Desa Cempi Jaya.


Berdasarkan data yang dihimpun Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu, tercatat ada 550 unit rumah atau kepala keluarga (KK) yang mengalami kerusakan baik rusak ringan, sedang maupun yang mengalami rusak parah.


"Yang mengalami rusak parah ada 70 rumah termasuk yang dibawa arus banjir ada 43 rumah, jadi yang tercatat keseluruhannya ada 550 unit rumah," kata Kepala BPBD Dompu Jufri, ST, MM.


Selain rumah warga sejumlah fasilitas umum seperti, pagar Masjid, saluran irigasi sepanjang 65 meter, bantalan bendungan sepanjang ada lebih kurang 10 meter dan pipa air bersih sepanjang 5.000 meter.


"Untuk sementara dari BPBD logistik awalnya yang sudah tersalurkan berupa Mi Instan, Air Mineral dan selimut, kemudian dari Kapolres tadi ada beras Mie dan telur," terangnya.


Jufri menjelaskan, Pemerintah Daerah beserta pihak Polri dan TNI nantinya akan bekerja sama akan membangun dapur umum untuk penanganan korban banjir.


Selain itu, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dan bersinergi dengan pihak PT Sumbawa Timur Maining untuk ikut terlibat dalam penangan warga yang terdampak banjir.


"Bagaimana pun juga, wilayah yang terparah yang terdampak banjir ada dalam lingkar tambang ini, jadi saya selaku kepala BPBD akan melakukan koordinasi dengan pihak PT STM termasuk pengadaan air bersih," isyaratnya. [B-10]