BKPH Topaso RTK 55 Amankan Satu Unit Chainsaw, Pelakunya Kabur -->

Iklan Semua Halaman

.

BKPH Topaso RTK 55 Amankan Satu Unit Chainsaw, Pelakunya Kabur

Friday, February 5, 2021
Personel BKPH Topaso usai mengamankan barang bukti satu unit Chainsaw di Kantor Balai KPH. Foto Dok. Poris Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Toffo Pajo Soromandi (Topaso) melakukan Patroli Fungsional, Jumat (5/2/2021) pagi.


Hal itu dilakukan dalam rangka pengawasan dan pengamanan hutan di wilayah So Mila yang merupakan kawasan hutan lindung kelompok hutan Soromandi RTK 55.


Dalam Kegiatan tersebut, petugas berhasil mengamankan satu unit Chainsaw mini, Merk STIHL dengan Nomor seri WJ-45L sedangkan terduga pelaku lolos dari kejaran petugas.


Kasi PH Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Ruslan, S. Hut kepada Berita11.com mengatakan, kegiatan patroli pengawasan dan pengamanan hutan tetap rutin dilakukan di seluruh wilayah kerja BKPH Topaso.


"Kami tetap rutin melakukan patroli dengan tujuan untuk melindungi eksistensi kawasan hutan, sehingga tetap memberikan manfaat sesuai dengan fungsi kami," kata Ruslan.


Penuturan senada disampaikan Polisi Kehutanan (Polhut) Adirman, kegiatan patroli di tingkat resort yang ada di sekitar RTK 55 dilaksanakan rutin sebagai bentuk upaya perlindungan serta pengamanan kawasan hutan. 


"Patroli ini merupakan kegiatan preventif yang dilaksanakan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan kawasan hutan dan mencegah terjadinya tindak pidana kehutanan guna menjaga keutuhan kawasan hutan," ujar Adirman.


Di tempat yang sama, salah seorang Polhut Julkarnain, juga mengomentari, bahwa tugas di bidang Kehutanan begitu kompleks, mulai dari kegiatan pemberdayaan masyarakat hingga pengamanan. 


Menurut Julkarnain, semua personel baik dari Polhut maupun Pamhut, setiap hari tetap rutin menjalankan tugas dan fungsinya tanpa mengenal waktu bahkan, terkadang hingga malam.


"Khusus di bidang pengamanan baik petugas Polhut ataupun Pamhut hampir setiap hari tetap melakukan pengawasan, mulai dari pagi, siang hingga malam dengan mengatur jadwal," terang Julkarnain. 


Untuk sementara, barang bukti satu unit Chainsaw saat ini telah diamankan di Kantor Balai KPH Toffo Pajo Soromandi. [B-10]