Dorong Penelitian Berkualitas, STKIP Taman Siswa Asah Kompetensi Mahasiswa -->

Iklan Semua Halaman

.

Dorong Penelitian Berkualitas, STKIP Taman Siswa Asah Kompetensi Mahasiswa

Wednesday, February 17, 2021
Sejumlah Dosen STKIP TSB yang juga Pemateri Memaparkan tentang Teknik Penelitian dan Penyusunan Penelitian Kualitatif - Kuantitatif Berkualitas kepada Mahasiswa Akhir Prodi S1 Pendidikan Sejarah di Gedung Putih STKIP TSB, Rabu (17/2/2021).


Bima, Berita11.com— Peningkatan kualitas pendidikan tak hanya mensyaratkan sarana, prasarana dan kompetensi pendidik. Lebih dari itu, output dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan juga menjadi salah satu tolok ukur capaian atau target yang ditetapkan.

Kualitas pendidikan pun menjadi salah satu fokus kampus Sekolah Tinggi, Keguruan, dan Ilmu Kependidikan (STKIP) Taman Siswa Bima. Kampus setempat melaksanakan bimbingan untuk mahasiswa program studin (Prodi) S1 Pendidikan Sejarah yang akan menghadapi penyusunan tugas akhir atau skripsi. Kegiatan digelar di Gedung Putih STKIP Taman Siswa Bima, Rabu (17/2/2021).

Ketua Prodi S1 Pendidikan Sejarah STKIP Taman Siswa Bima, Naning M.Pd menyampaikan apresiasi atas partisipassi peserta mengikuti kegiatan bimbingan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu terlaksananya kegiatan ini, terutama, Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si dan pemateri. Harapan kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan pada semester-semester berikutnya,” katanya saat menyampaikan sambutan.

Naning menjelaskan, bimbingan bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah merupakan program yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam melaksanakan penelitian, sehingga diharapkan penelitian yang hasilkan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah di kampus setempat berkualitas.

“Harapannya akan lahir penelitian-penelitian yang berkualitas dari semua aspek. Topiknya bagus dan menarik, metode pengumpulan dan analisis datanya sahih, bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk mencapai tujuan itu, pihaknya menfasilitasi bimbingan penelitian kualitatif dan kuantitatif bagi mahasiswa. Untuk itu, mahasiswa diharapkan tidak mamanfaatkan kesempatan tersebut. Selain itu, mahasiswa disarankan mengikuti kegiatan hingga selesai, sehingga menyerap semua ilmu yang disampaikan pemateri.

“Mungkin di luar sana, kegiatan seperti ini biasanya berbayar, tapi di Prodi kita difasilitasi secara gratis. Ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat seorang peneliti dalam diri kalian. Apalagi kalian sebentar lagi akan menyusun skripsi. Jadi, inilah kesempatan emas bagi kalian untuk belajar,” pesan Naning kepada mahasiswa.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Protokol STKIP Taman Siswa Bima, Suratman, M.Pd.BI menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang digelar Prodi Pendidikan Sejarah.

Menurut dia, peningkatan kompetensi penelitian merupakan wadah yang tepat bagi mahasiswa yang sedang dan akan menyelesaikan skripsi.

“Seyogyanya, kegiatan yang dibangun di STKIP Taman Siswa Bima merupakan kegiatan yang sangat mengedukasi mahasiswa. Ini juga sejalan dengan misi kami dalam meningkatkan semangat berliterasi,” ujar Suratman.

Bimbingan kompetensi penelitian yang dihelat pagi hingga siang tersebut diisi oleh Dr Syarifudin S.Si., M.Pd dan Syahbuddin M.Pd. moderator kegiatan Edy Suparjan, M.Pd.


Editor: Redaksi