Kawal Kebijakan Pemerintah, ISMAKES Kota Mataram Lounching Satgas Covid-19 -->

Iklan Semua Halaman

.

Kawal Kebijakan Pemerintah, ISMAKES Kota Mataram Lounching Satgas Covid-19

Sunday, February 21, 2021
Peluncuran Gugus Tugas Covid-19 ISMAKES Kota Mataram di DPRD Kota Mataram, Minggu (21/2/2021). 


Mataram, Berita11.com— Pengurus Ikatan Seluruh Mahasiswa Kesehatan (ISMAKES) Kota Mataram meluncurkan Satuan Tugas Covid-19 di gadung DPRD Kota Mataram, Minggu (21/02/2021). Satgas Covid-19 tersebut adalah salah satu program kerja dari pengurus ISMAKES Kota Mataram periode 2020/2021.

Acara peluncuran (lounching) Satgas Covid tersebut juga berlangsung lancar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dalam sambutannya Ketua Umum ISMAKES Kota Mataram, Abdul Hafidzzirrahman menyampaikan beberapa alasan mengapa ISMAKES Kota Mataram membentuk Satgas Covid-19.

“Pertama, karena pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 masih sangat rendah, Ditambah lagi masyarakat yang banyak sekali mengkonsumsi berita-berita (informasi) hoaks tentang Covid-19 di sosial media,” ujarnya peluncuran Satgas Covid-19 ISMAKES Kota Mataram.

Menurutnya hal tersebut merupakan salah satu pemicu jika ada Masyarakat sampai saat ini yang masih tidak percaya ada Covid-19, karena masih kurangnya pengetahuan mereka tentang virus itu.

Hafiz menyebut jika hal tersebut juga menandakan bahwa pemerintah belum berhasil menyadarkan masyarakat bahwa Covid-19 ini memang benar nyata.




"Oleh sebab itu, harapan saya dengan adanya Satgas Covid-19 ISMAKES Kota Mataram ini mampu menjadi edukator di tengah-tengah masyarakat, khususnya di sosial media. Meluruskan berita-berita (informasi) hoaks yang ada di sosial media kepada masyarakat dan upaya edukasi-edukasi lainnya,” ujar mahasiswa yang akrab dipanggil Hafiz ini.

Lebih lanjut, dia menjelaskan alasan kedua terbentuknya Satgas Covid-19 ISMAKES Kota Mataram, karena adanya kebijakan Covid-19 Kota mataram yang tidak efektif dan efesien, yang mana kebijakan itu dianggap merugikan masyarakat. Selain itu, karena ada beberapa oknum pejabat yang memanfaatkan keadaan tersebut untuk kepentingan pribadi.

Menurutnya, hal itu terjadi karena kurangnya kontrol sosial dari masyarakat, khususnya mahasiswa kesehatan.

"Oleh karena itu, harapan saya semoga Satgas Covid - 19 ISMAKES Kota Mataram ini bisa menjadi sosial control yang akan mengawal kebijakan-kebijakan Covid-19 khususnya di Kota Mataram,” harapnya. [B-26]