Kepala Puskesmas Ranggo Hadiri Peresmian Posyandu Kepiting di Desa Jambu -->

Iklan Semua Halaman

.

Kepala Puskesmas Ranggo Hadiri Peresmian Posyandu Kepiting di Desa Jambu

Wednesday, February 24, 2021
Usai peresmian Posyandu Kepiting di Dusun Soro, Desa Jambu. Foto Godam Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Kepala Puskesmas Ranggo, Hidayat, S.IT hadiri peresmian atau pemekaran Posyandu di Dusun Soro, Desa Jambu, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, Rabu (24/2/2021) pagi.


Pemekaran Posyandu yang diberi nama Posyandu Kepiting ini merupakan usulan dari kader-kader Posyandu di tingkat desa sehingga difasilitasi oleh desa setempat dan dilakukan pemekaran pada bulan Februari tahun 2021 ini.


Kepala Puskesmas Ranggo didampingi 10 orang anggota ini kepada Berita11.com mengatakan, dasar pemekaran Posyandu tersebut karena dilihat dari banyaknya peserta dan letak geografisnya juga dinilai agak jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.


"Alhamdulillah, sekarang sudah dibagi dua pelayanan kesehatan bagi masyarakat, setengah sasarannya masuk ke Posyandu awal dan sebagian masuk di Posyandu ini sebagai Posyandu yang baru, jadi masyarakat yang ada di pesisir tidak lagi datang di Posyandu awalnya," kata Hidayat.


Dengan adanya pemekaran Posyandu Kepiting ini, berkat kerja sama Pemerintah Desa setempat yang telah menyetujui dan menindaklanjuti usulan kader Posyandu di Desa setempat dan untuk honor para kader ditanggung oleh desa melalui anggaran Alokasi Dana Desa (ADD).


"Terima kasih kepada kepala desa karena sudah langsung mengakomodir dalam ADD dalam insentif kader Posyandu sebanyak lima orang dan Insentif mereka (kader, red) dihitung mulai bulan Februari ini sudah mulai dibayar," ungkap Hidayat.


Hidayat menjelaskan, setiap kegiatan Posyandu dilaksanakan, ada 10 orang anggota Puskesmas yang dari berbagai profesi dikerahkan guna mendapingi pelaksanaan itu berlangsung.


10 orang yang dimaksud di antaranya, bagian gizi, imunisasi, laboratorium, doktorin, apoteker, perawat, bidan, Kesling dan promosi kesehatan.


Posyandu Kepiting ini bukan milik Puskesmas, Bukan milik Kesehatan atau Pemerintah Desa, tetapi milik masyarakat, artinya, dari dan oleh masyarakat untuk masyarakat, ketika sakit dan membutuhkan warga di sekitar sini tidak perlu ke Pustu atau ke Puskesmas terapi masyarakat cukup mendapatkan pelayanan di sini saja," imbuhnya. [B-10/Godam]