Reses Perdana Akhdiansyah di Dompu, Warga Minta Lestarikan Situs Bersejarah -->

Iklan Semua Halaman

.

Reses Perdana Akhdiansyah di Dompu, Warga Minta Lestarikan Situs Bersejarah

Tuesday, February 16, 2021
Reses Akhdiansyah sedang berlangsung. Foto Join BZ Berita11.com. 


Dompu, Berita11.com - Warga meminta agar situs-situs peninggalan dan bernilai sejarah yang ada di Kabupaten Dompu NTB terutama di Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu perlu diperhatikan dengan ditata dan dibenahi bahkan dilestarikan.


Hal itu terungkap pada saat reses perdana yang digelar salah satu anggota DPRD Provinsi NTB Dapil Kabupaten Bima, Kota Bima Dan Kabupaten Dompu Fraksi PKB Akhdiansyah, S.Hi di aula Kelurahan Kandai Satu, Selasa (16/2/2021) siang.


Salah seorang warga Lingkungan Dorongao Kelurahan setempat Arifin MZ mengatakan, pihaknya menginginkan anggota legislator ini  melihat secara langsung situs-situs peninggalan sejarah yang seolah tidak pernah disentuh pemerintah baik Daerah maupun Provinsi.


"Dimohon kepada pak dewan, agar bisa melihat langsung situs-situs yang ada di Kandai Satu, agar tidak hanya sekedar mendengar melalui angin saja, biar bisa dilirik dan diperhatikan lagi," pinta pria yang disapa Dae Bari ini.


Di tempat yang sama, salah satu warga Lingkungan Kandai Satu Syamsudin meminta terhadap Akhdiansyah agar lebih memperhatikan lagi situs-situs yang bersejarah seperti situs Klasik Dorobata dan Situs Bukit Sultan.


"Situs Klasik Dorobata kalau kita buka di situ tempat simpan barang-barang sejarah yang sangat kuat untuk itu tugas pak dewan lah untuk pemberdayaannya," saran Syamsudin.


Menyikapi prihal itu, Akhdiansyah berjanji bakal diperioritaskan apalagi pihaknya sudah membicarakan hal itu dengan dinas pariwisata provinsi NTB.


"Kebetulan saat ini kami sudah bicarakan dengan Kabid Pemberdayaan kebetulan Dompu memiliki suku sendiri maka, Dompu harus memiliki balai arkeologi sendiri," kata Akhdiansyah.


Sebelumnya, Akhdiansyah dalam sambutannya mengatakan, apa yang menjadi kebutuhan Kandai Satu pihaknya bakal membantu, apalagi Akhdiansyah merupakan putra utuh Kandai Satu.


"Apa yang menjadi kebutuhan dan saya sebagai putra asli di sini tentu punya kewajiban dan harapan mungkin dengan adanya saya di sini, setidaknya ada perubahan yang bisa saya perbuat untuk kampung halaman," imbuhnya. [B-10/Join BZ]