Tanpa Kenal Lelah, Para Babinsa Koramil 1614-01/Dompu Terjun Bantu Korban Banjir -->

Iklan Semua Halaman

.

Tanpa Kenal Lelah, Para Babinsa Koramil 1614-01/Dompu Terjun Bantu Korban Banjir

Wednesday, February 24, 2021
Babinsa Bali Satu Koramil 01/Dompu Serka Amurudin saat membantu warga binaan yang terdampak banjir. Dok. Berita11.com


Dompu, Berita11.com - Kinerja para Babinsa Koramil 1614-01/Dompu patut dijadikan contoh, pasalnya, para Babinsa yakni Serma Tamrin (Babinsa Simpasai), Serka Amirudin (Babinsa Bali Satu), Sertu Abdul Haris (Babinsa Karijawa) dan Sertu Isyra (Babinsa Bakajaya) selalu hadir di tengah-tengah warga yang sedang membutuhkan bantuan.


Hal itu ditunjukan para Babinsa saat membantu mengevakuasi barang-barang warga binaan mereka akibat terdampak banjir, mereka tampak tidak mengenal lelah dalam membantu warga binaan yang tengah dilanda musibah atau bencana, Selasa (23/2/2021) malam.


"Inilah salah satu tugas kami sebagai Babinsa, apapun yang terjadi di wilayah binaan kami, kami harus bertanggung jawab dan kamilah orang yang pertama kali turun ke wilayah binaan kami untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi," kata Babinsa senior Serma Tamrin.


"Tak hanya bencana atau musibah selain mengayomi dan melindungi warga, kami selalu hadir dalam setiap masalah apapun seperti bentrokan warga, perjudian, narkoba maupun bencana alam seperti yang terjadi saat ini," lanjut Serma Tamrin.


Terpisah, sekira pukul 22.00 Babinsa Karijawa Sertu Abdul Haris membantu membagikan Mie Instan sebanyak 95 dus dari BPBD dan makanan siap saji dari anggota DPRD Kabupaten Dompu fraksi partai Nasdem yakni Pahlawan Indra Jaya dan Miftahul Suhada, ST (Istri) berupa nasi sebanyak 100 bungkus kepada warga yang terdampak banjir. 

Serka Amurudin saat evakuasi barang-barang warga. Dok. Berita11.com.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, adapun kerugian materil masih belum bisa dipastikan," terang Serma Tamrin.


Sementara di tempat lain, H. Syamsudin warga Kelurahan Bada menyampaikan apresiasi terhadap kinerja dan kekompakan para Babinsa yang cukup dikatakan hebat yang bertugas di Koramil 01/Dompu Kota ini.


"Kami sangat bangga dan berterimakasih atas kinerja Babinsa yang ada di wilayah Kota yang selalu siap sedia setiap saat dan tanpa kenal lelah dalam membatu warga binaannya baik siang maupun malam hari dan Alhamdulillah semua permasalahan bisa terselesaikan dengan baik," apresiasi H. Syamsudin.


Menurut dia, dengan adanya para Babinsa termasuk dalam membantu korban banjir seperti yang terjadi saat ini, H. Syamsudin juga menyampaikan ucapan terima kasih terhadap Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.kom, dan Danramil Kapten Inf. Muh. Yamin karena sudah menugaskan para anggotanya di wilayah mereka.


"Kami berterima kasih juga kepada Pak Dandim dan Danramil Dompu yang sudah menempatkan anggotanya di tempat kami dan kami merasakan betul-betul tenang dan merasa nyaman," pungkasnya.

Suasana evakuasi barang-barang warga. Dok. Berita11.com.

Di tempat yang berbeda, Danramil 1614-01/Dompu mengucapkan terimakasih kepada warga atas kerjasamanya dengan anggotanya para Babinsa yang tersebar di tiap-tiap Desa dan Kelurahan selama ini.


"Saya sebagai Danramil mengucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat karena telah bekerjasama dengan baik dengan Babinsa, terutama memberikan informasi-informasi yang terjadi," ucap Danramil.


"Ini adalah salah satu tugas Babinsa kami sebagai aparat teritorial dan kami selalu siap  membantu dalam 1x24 jam," sambung Perwira senior Kodim 1614/Dompu ini.


Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Dompu pada Selasa (23/2/2021) siang sekira pukul 15.30 membuat beberapa sungai meluap hingga ke pemukiman warga di antaranya sungai Sori Silo dan Sungai Larema.


Hal itu yang membuat beberapa rumah warga di dua Kecamatan yakni Dompu dan Woja terutama yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi mulai dari setinggi lutut sampai setinggi dada orang dewasa. 

Babinsa Karijawa saat membagikan Mie Instan kepada warga yang terdampak banjir. Dok. Berita11.com

Adapun wilayah yang terdampak akibat banjir tersebut antara lain Wilayah kelurahan Bada meliputi Lingkungan kota baru 90 unit rumah dan Lingkungan Mantro 85 unit rumah. 


Banjir juga merendam pemukiman di wilayah Kelurahan Bali Satu, adapun yang terdampak yaitu Lingkungan Bali barat 30 unit rumah, Bali timur 75 unit rumah dan Sawete timur 15 unit rumah. 


Begitu juga Kelurahan Simpasai meliputi Lingkungan Bali dua 39 unit rumah dan lingkungan mangge maci 10 unit rumah. 


Sedangkan di Kelurahan Karijawa meliputi Lingkungan Sigi Kampung Rato, Karijawa Utara dan Karijawa selatan sejumlah 300 unit rumah dan Kelurahan Kandai Dua sekitar 50 unit rumah, termasuk desa Bakajaya namun tidak sampai masuk ke rumah warga.


Inilah yang membuat para Babinsa Koramil 1614-01/Dompu ini terpanggil untuk turun langsung ke wilayah binaannya masing-masing dalam rangka membantu warga yang terdampak banjir.


Dengan sigap para Babinsa hebat tersebut terjun ke lapangan meskipun harus basah kuyup bersama warga karena harus mengevakuasi barang-barang milik warga binaannya. [B-10]