Unik, di Kecamatan ini Memiliki Desa Wisata Darah -->

Iklan Semua Halaman

.

Unik, di Kecamatan ini Memiliki Desa Wisata Darah

Friday, February 5, 2021
Foto Bersama Komunitas Sahabat Muda Usai Sosialisasi Desa Wisata Darah di Kantor Desa Dena, Kecamatan Mapangga, Kabupaten Bima, Kamis (4/2/2021).


Bima, Berita11.com— Komunitas Sahabat Muda mensosialisasikan salah satu dukungan program inovasi Desa Dena Madapangga Kabupaten Bima NTB yaitu sebagai Desa Wisata Darah di aula kantor desa setempat, Kamis (4/2/2021).

Sekertaris Komunitas Sahabat Muda M. Salahudin menyampaikan, bercermin dalam persoalan-persoalan sosial akhir-akhir ini menggelitik, salah satunya adalah kebutuhan darah. Untuk itu, dengan segala sumber daya yang terbatas, Komunitas Sahabat Muda menginisiasi lahirnya program "Desa Wisata Darah" sebagai upaya menjembatani orang-orang yang berkebutuhan mendesak (emergency) dan juga sebagai upaya inovasi desa untuk Desa Dena, sesuai Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Program Inovasi Desa.

Dikatakan sebagai Desa Wisata Darah karena nantinya salah satu yang akan paling diingat oleh orang yang di luar Desa Dena ataupun luar daerah adalah darah, yang mana darah akan menjadi hal yang menarik, darah yang akan menjadi daya Tarik Desa Dena sehingga banyak orang berpenasaran akan berkunjung ke Desa Dena.

Selain sebagai program inovasi desa dan wisata desa, program ini merupakan sebagai salah satu wadah beramal bersama, membantu sesama untuk kemanusiaan.

Kepala Desa Dena Abdul Haris H.M. Sadakah mengatakan mendukung penuh kegiatan tersebut. “Walau awalnya kami sangat bingung apa itu Desa Wisata Darah dan pada akhirnya kami tercerahkan oleh penjelasan anak-anak Komunitas Sahabat Muda Desa Dena,” ujarnya.




Ketua Komunitas Sahabat Muda, Hizriansyah mengatakan, untuk mensukseskan program tersebut, selain dukungan dari pemerintah desa, camat dan Puskesmas Madapangga, pihaknya mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat sehingga bisa tembus sebagai desa wisata darah di kancah porovinsi maupun nasional.

Program ini akan didukung juga oleh Relawan Inspirasi Desa Berdaya Rumah Zakat. Untuk mensukseskan program tersebut, program didukung juga Idhar, Apoteker yang akan menyuplai beberapa kebutuhan yang diperlukan.

Selain Camat Madapangga, Kepala Puskesmas Madapangga, dan Kepala Desa Dena, sosialisasi juga dihadiri sejumlah organisasi, paguyuban mahasiswa se-Desa Dena, seluruh ketua RT, seluruh kepala dusun, tokoh masyarakat dan staf setempat. Adapun Camat Madapangga diwakili Masyur, Kepala Puskesmas Madapangga diwakili Miskul Hitam, S.KM. [B-22]