Banjir Meluber di Pemukiman Warga Desa Labuan Kananga Tambora -->

Iklan Semua Halaman

.

Banjir Meluber di Pemukiman Warga Desa Labuan Kananga Tambora

Wednesday, March 31, 2021
Kondisi Rumah Warga Desa Labuan Kanangan, Kecamatan Tambora Kabupaten Bima yang Digenangi Banjir Setinggi 1 Meter lebih atau Setinggi Dada Manusia, Rabu (31/3/2021) Siang. 


Bima, Berita11.com— Intesitas hujan tinggi yang melanda wilayah Bima dan Dompu menyebabkan banjir meluber di pemukiman warga Desa Labuan Kananga, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Rabu (31/3/2021) siang. Ketinggian banjir mencapai 1 meter lebih atau setinggi dada manusia.

Warga Desa Labuan Kananga, Sutrisno alias Tristan Kananga menuturkan, banjir mulai meluap ke rumah warga sekira pukul 12.15 Wita, Rabu (31/3/2021). “Luapan banjir sudah masuk dan menggenangi rumah warga di sini,” ujarnya saat dihubungi wartawan.

Luapan banjir juga menggenangi jalan raya di desa setempat. Sejumlah warga pun berupaya mengevakuasi barang di rumah masing-masing, namun luberan air bah dengan cepat merandam perabotan rumah warga.

"Kami warga di sini benar-benar menderita akibat banjir ini," kata ujar Tristan.



Dia mengatakan, Desa Labuan Kananga kerap menjadi langganan luberan banjir beberapa tahun terakhir, namun belum ada upaya antisipasi dari pemerintah untuk mencegah dampak bencana yang dialami warga setempat. “Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Harapan kami agar ini diperhatikan pemerintah,” ungkapnya.

Tristan mengungkapkan, hingga Rabu (31/3/2021) malam tidak ada bantuan tanggap darurat yang disalurkan pemerintah kepada korban banjir di Desa Labuan Kananga Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima yang perabotan rumahnya direndam banjir.

Sekira pukul 15.00 Wita, luapan banjir mulai surut dan warga membersihkan sisa genangan banjir.

Sementara itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima melalui Kasubid Penanganan Darurat, Bambang Hermawan S.Kom MM mengaku belum menerima laporan berkaitan luapan banjir di Desa Labuan Kananga Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima.

Hingga pukul 20.30 Wita, hujan deras mengguyur wilayah Bima dan Dompu terutama di bagian barat.

BMKG melalui Forecaster Stamet Sultan Muhammad Salahuddin Bima menyampaikan peringatan dini dampak curah hujan tinggi di wilayah Bima dan Dompu pada pukul 15.31 Wita, Rabu, 31 Maret 2021.




Dalam broadcast itu, BMKG Bima mengingatkan potensi air sungai deras di Donggo, Madapangga, potensi area persawahan/pertanian tergenang air di Kecamatan Palibelo, Kecamatan Woha, Kecamatan Bolo, Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima dan potensi genangan air di jalan dan ruas jalan licin di Kecamatan Kempo dan Manggelewa Kabupaten Dompu, serta Kecamatan Rasanae Barat dan Mpunda Kota Bima.

BMKG kemudian memperbarui informasi berkaitan potensi dampak curah hujan tinggi pada pukul 16:33 Wita yakni potensi air sungai deras di Kecamatan Donggo, Kecamatan Madapangga, Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, Kecamatan Woja dan Kilo Kabupaten Dompu, Kecamatan Asakota Kota Bima. Selain itu, potensi genangan air di jalan dan jalan licin di Kecamatan Rasanae Barat dan Mpunda Kota Bima, Kecamatan Palibelo, Kecamatan Woha, Kecamatan Bolo, Kecamatan Tambora, Kecamatan Soromandi dan Sanggar Kabupaten Bima, serta Kecamatan Kempo dan Manggelewa Kabupaten Dompu. [B-11]