Beri Pelayanan Kesehatan, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWT Datangi Rumah Warga -->

Iklan Semua Halaman

.

Beri Pelayanan Kesehatan, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWT Datangi Rumah Warga

Tuesday, March 16, 2021
Dokter dan Peleton Keseehatan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/ SWY Mendatangi Rumah Warga yang Membutuhkan Pelayanan Kesehatan, Senin (15/3/2021).


Belu, Berita11.com— Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di sekitar pos maupun Mako Satgas Pamtas di Kabupaten Belu Provinsi NTT, Senin (15/3/2021).

Pemberian pelayanan kesehatan dilakukan Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY dengan mendatangi warga yang sakit, setelah mendapat laporan dari keluarga warga di pos maupun Mako Satgas, seperti yang dilakukan Pos Mota’ain, Pos Mahen dan Pos Turiscain.

Sampai saat ini, Mako Satgas Pamtas RI-RDTL sudah tiga kali memberikan pelayanan khitanan gratis kepada warga yang membutuhkan.

Komandan Satgas Pamtas wilayah Sektor Timur Yonif 742/SWY Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Untoro mengatakan, masing-masing pos memiliki personel kesehatan dan di Mako sendiri. Terdapat dokter dan Peleton Kesehatan yang bertugas menjaga dan memelihara kesehatan prajurit Satgas.

“Masing-masing dari mereka sudah memiliki kualifikasi dibidang kesehatan karena sebelum berangkat Satgas. Mereka sudah diberikan pembekalan dan pelatihan keperawatan oleh dokter dan tenaga kesehatan dari Tonkes Yonif 742/SWY,” ujarnya.




Selain menjaga dan memelihara Kesehatan personel Satgas, dokter dan Peleton Kesehatan juga memiliki kewajiban memberi pelayanan kepada masyarakat di sekitar.

Menurutnya, pelayanan kesehatan oleh Satgas juga merupakan sebagai dari sarana komunikasi sosial yang efektif, sekaligus mempererat hubungan silaturrahmi dan tali persaudaraan antara anggota pos maupun Mako Satgas dengan masyarakat di sekitar.

“Mengingat nama besar Yonif 742/SWY sebelumnya sudah dikenal merakyat dengan masyarakat di wilayah perbatasan,” kata Bayu.

Bayu Sigit juga menjelaskan, hingga kini, sedikitnya tiga remaja diantar keluarganya mendatangi Mako Satgas untuk dikhitan. Permintaan warga tersebut kemudian direspon dokter Satgas Pamtas bersama tim medis hari itu yang langsung melaksanakan khitanan terhadap tiga remaja tersebut.

“Ada yang dari Kelurahan Umanen, ada dari Kecamatan Lamaknen Selatan dan Kelurahan Fatukbot, ada datanya di (Pele) Ton Kesehatan Satgas,” sebutnya.

Dia berharap pelayanan kesehatan gratis tersebut bermanfaat bagi masyarakat di perbatasan, khususnya bagi keluarga yang kurang mampu.

Editor: Redaksi