Bupati Dompu Diminta Copot Kades Lepadi -->

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Dompu Diminta Copot Kades Lepadi

Monday, March 8, 2021
Massa aksi saat berdialog dengan Pemda Kabupaten Dompu diwakili Kabag Humas Muhammad Iksan, ST, MM. Foto ist.


Dompu, Berita11.com - Kurang lebih 50 orang yang tergabung dalam LSM Lembaga Rakyat (LERA) Kabupaten Dompu menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, Senin (8/3/2021) pagi.


Massa aksi meminta terhadap Bupati Dompu Kader Jaelani agar segera memberhentikan (Copot) Sudirman Ahmad sebagai Kepala Desa (Kades) Lepadi, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu.


Selain itu, massa aksi yang dikoordinir Firmansyah ini juga meminta Bupati Dompu agar mengangkat kembali perangkat Desa Lepadi yakni tiga orang Kepala Dusun yang diduga diberhentikan secara sepihak oleh Kades Sudirman Ahmad.


Usai menggelar orasi secara bergantian di depan pintu gerbang Kantor Bupati Dompu, massa aksi diterima Kabag Humas Pemda Dompu, Asisten I Pemda Dompu H. Burhan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Khairudin, SH guna untuk dilakukan dialog.


Dalam dialognya, Kabag Humas Pemda Dompu Muhammad Iksan, ST, MM menanggapi tuntutan massa aksi. Ia meminta waktu untuk menyampaikan tuntutan massa aksi kepada Bupati untuk melakukan musyawarah.


"Kami dari pihak Pemda meminta untuk diberikan kesempatan atau waktu selama tiga hari untuk menyelesaikan permasalahan ini, dan memproses Kepala Desa Lepadi," pinta Kabag Humas Pemda Dompu.


Setah mendengar penyampaian dari pihak Pemda Dompu melalui Kabag Humas, massa aksi membubarkan diri dengan berjanji jika tidak ada kesimpulan yang pasti dalam waktu tiga hari, massa aksi tidak menjamin setabilitas di Desa Lepadi. 


Untuk diketahui, ketiga Kadus yang diberhentikan Kades Sudirman Ahmad diantaranya Kadus Wera, Kadus Lepadi dan Kadus Pajo Permai.


Sebelumnya, hal itu, pernah dilakukan pemeriksaan pada saat pemerintahan Bupati Drs. H. Bambang M. Yasin sehingga dikelurkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Inspektur Inspektorat.


Namun, Kades Sudirman Ahmad hingga saat ini terkesan tidak mau menindaklanjuti hasil LPH tersebut yang menyatakan segera menarik kembali para Kadus yang diberhentikan tersebut. [B-10]