Dua Lokal Bangunan SMU Kasgoro di Dompu Terbakar, Begini Kronologinya -->

Iklan Semua Halaman

.

Dua Lokal Bangunan SMU Kasgoro di Dompu Terbakar, Begini Kronologinya

Tuesday, March 30, 2021
Api Melahap Dua Lokal Bangunan SMU Kasgoro di Kelurahan Bali I Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Selasa Dini Hari.


Dompu, Berita11.com— Sebanyak dua lokal bangunan yang terdiri dari bangunan dua lantai dan rumah penjaga Sekolah Menengah Umum (SMU) Kosgoro, Kelurahan Bali I, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu menjadi sasaran amukan si jago merah, sekira pukul 03.30 Wita, Selasa (30/3/2021).

Api yang dengan cepat menjalar di kedua bangunan itu dini hari, praktis menghanguskan barang hingga peralatan penting di dalamnya. Dua mobil tangki dikerahkan di lokasi. Belum diketahui penyebab kebakaran ini, namun nilai kerusakan bangunan ditaksi ratusan juta rupiah.

Kapolsek Dompu, Ipda I Kadek Suadaya Atmaja, S.Sos., dalam keterangannya mengungkapkan, awalnya Sumarni, istri penjaga sekolah terbangun dari tidurnya karena merasakan hawa panas menyosor ke kamarnya. "Ternyata kebakaran," ungkap Kadek.

Dikatakan Kadek, sadar api sudah meluas dan membesar, Sumarni bergegas sambil menangis berteriak meminta tolong.

Sesaat kemudian, warga berdatangan dan langsung berupaya membantu memadamkan api. Namun, api tidak mampu dipadamkan sehingga warga meminta pertolongan agar mobil pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan ke lokasi kebakaran.




Sekira pukul 03.40 Wita, Security Pegadaian Cabang Dompu, Ardiansyah yang saat itu tengah piket jaga melaporkan kejadian nahas itu ke anggota Polsek Dompu dan Dinas Pemadam Kebakaran Dompu segera mengirim bantuan ke lokasi.

Selanjutnya, satu mobil dinas Damkar dibantu mobil tangki milik BNPB Kabupaten Dompu berhasil diterjunkan, hingga api dapat dipadamkan.

Kebakaran yang melanda dua lokal bangunan SMU Kosgoro itu mengakibatkan kerugian ditaksir Rp500 juta rupiah. Insiden kebakaran menyebabkan kerusakan rumah penjaga SMU Kosgoro beserta isinya,di antaranya pickup Toyota Kijang, satu set alat perlengkapan pernikahan beserta terop.

Selain itu, ruangan laboratorium komputer beserta isinya juga tidak luput dari sasaran ganasnya amukan api serta mesin bor yang ditempatkan di antara salah satu bangunan.

Hingga sekira pukul 06.58 wita, anggota Inavis Satuan Reskrim Polres Dompu melakukan olah TKP. Di lokasi juga telah dipasang police line untuk mencegah pengunjung melintasi lokasi tersebut hingga memudahkan penyelidikan penyebab kebakaran.

"Dugaan sementara kebakaran terjadi, diakibatkan oleh hubungan arus pendek listrik," pungkas Kapolsek. [B-11]