Dukung Pembangunan Berbasis Gender, Pemda Dompu Berlakukan Perda No. 3 Tahun 2020 -->

Iklan Semua Halaman

.

Dukung Pembangunan Berbasis Gender, Pemda Dompu Berlakukan Perda No. 3 Tahun 2020

Wednesday, March 31, 2021
Dari Kanan, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar A.Md. Par, Tengah, Bupati Dompu Kader Jaelani dan ujung kiri, Wabup Dompu. H. Syahrul Parsan, ST. MM. Dok. Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Untuk mendukung kegiatan pembangunan yang berbasis gender, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) dengan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pengarusutamaan Gender (PUG).


Penekanan tersebut, disampaikan Bupati Dompu Kader Jaelani saat memberikan sambutan dalam acara verifikasi lapangan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang dilaksanakan secara virtual di aula Pendopo Bupati Dompu, Rabu (31/3/2021) malam.


"Hal itu dilakukan guna mendorong dan terlaksananya program pemerintah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender," ungkap Bupati Kader Jaelani.


Melalui kesempatan itu pula, Bupati Dompu juga menyampaikan bahwa Penghargaan APE diberikan sebagai bentuk pengakuan dari Kementerian P3A RI terhadap Pemda Dompu yang telah berhasil meningkatkan program dan kegiatan institusional berdasarkan tujuh prasyarat PUG.


"Tujuh prasyarat PUG dimaksud adalah komitmen, kebijakan kelembagaan, SDM, Penganggaran, Sistim Informasi KIE, Metode dan Peran Serta Masyarakat”, ungkapnya.


Di samping itu, lanjut Bupati Dompu, ketujuh prasyarat PUG dimaksud adalah pada tahun 2018 lalu, Kabupaten Dompu telah memperoleh penghargaan APE dengan tingkat madya. Untuk itu, Bupati Dompu mengapresiasi terhadap berbagai pihak.


"Di momen ini, atas nama Pemerintah Daerah, kami menyapaikan apresiasi atas upaya terbaik yang diberikan berbagai pihak untuk mewujudkan pelayanan yang maksimal dalam memenuhi hak perempuan dan anak melalui intervensi program dan kegiatan yang ada," ucapnya.


Di akhir sambutannya, Bupati Dompu mengharapkan Kabupaten Dompu dalam kegiatan evaluasi APE tahun ini, dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.


"Semoga bisa mencapai hasil yang lebih baik lagi, paling tidak tingkatan pencapaiannya dapat lebih tinggi dari pencapaian tahun ini," harapnya.


Kegiatan verifikasi lapangan APE juga dihadiri Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST.MT, Ketua DPRD, Andi Bachtiar, A.Ma.Par, Pj. Sekda, H. Moh. Syai'un, SH.M.Si.


Kemudian, Pimpinan OPD lingkup Pemda Dompu, Ketua TP-PKK, Ketua GOW dan Tim Kerja Evaluasi APE Kabupaten Dompu. [B-10]