Jelang Puasa, Apa Saja Disiapkan Pemda? ini Saran Ketua Pelopor Perdamaian Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Jelang Puasa, Apa Saja Disiapkan Pemda? ini Saran Ketua Pelopor Perdamaian Dompu

Tuesday, March 30, 2021
Ketua Pelopor Perdamaian Kabupaten Dompu Andi Hermawan. Foto ist.


Dompu, Berita11.com - Waktu terus berputar, tinggal hitung hari lagi seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia akan menjalankan ibadah puasa. Berdasarkan kalender Hijriah, hari pertama puasa jatuh pada Selasa 13 April 2021 mendatang. 


Pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah kali ini, kerja-kerja kreatif dan inovatif mulai dijalankan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu di bawah pimpinan Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan ST MT. 


Ada banyak cara yang bisa dikerjakan sesuai misi Pemerintah Daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu salah satunya mencetak pelaku wirausaha baru khususnya di kalangan milenial dengan mendirikan pasar khas Ramadhan. 


Ketua Pelopor Perdamaian Dompu Andi Hermawan mengatakan, pasar khas Ramadhan yang dimaksud adalah sebuah pasar baru yang datang setiap tahun di Bulan Ramadhan dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat mencari menu berbuka pada satu tempat yang disediakan khusus. 


"Tempat yang disediakan itu berada di pusat kota, Pemda bisa gunakan Jalan Soekarno-Hatta, mulai dari lampu merah hingga kantor DPRD atau di Jalan Beringin depan Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu," kata Andi.


Di sepanjang jalan, lanjut Andi, pembeli diharapkan berjalan kaki dan disiapkan petugas parkir yang menata dan merampikan setiap kendaraan.


Selain itu, disiapkan juga tempat buka puasa bersama dan spot foto yang bagus, dengan memberikan pembekalan dasar kepada para penjual untuk menjaga kualitas daganganya.


"Kalau sudah disiapkan tempat seperti itu dengan tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan, buat para pengujung atau pembeli," cetusnya.


Pria yang miliki jiwa sosial yang tinggi ini menuturkan, jika me-review kembali pada tahun-tahun sebelumnya, masyarakat dompu seolah kehilangan nilai seni untuk membangun dan menciptakan nuansa baru sehingga ia berpendapat hal itu harus dibangun.


"Saya yakin, setiap kegiatan-kegiatan positif masyarakat dompu pasti ikut menyukseskan kegiatan tersebut," imbuhnya.


Lalu, Bagaimana Cara Mewujudkannya?


Menurut pria yang dikenal cukup ramah terhadap siapapun ini, caranya cukup sederhana yang dimana Pemerintah Daerah dalam Minggu-minggu ini harus membangun komunikasi dan berkolaborasi dengan semua pihak. 


Termaksud, Komunitas Pemuda, Komunitas Pengusaha, Komunitas Keagamaan, Komunitas Sejarah dan Budaya, Sekolah, Perguruan tinggi, Badan Usaha Milik Negera (BUMN) dan sejenisnya. 


Selain itu, Pemerintah Daerah juga bersosialisasi dengan cara mengadakan kegiatan salah satu contoh mengadakan jalan sehat dengan mengangkat tema “Menjemput Berkah Ramadhan”. 


"Di momen ini, Pemda bisa menyampaikan keinginan itu dengan mendirikan pasar khas Ramadhan yang bakal dikerjakan pada hari pertama memasuki Bulan Ramadhan," isyaratnya.


Tidak hanya di situ saja, Pemda juga menggelar kegiatan atraksi-atraksi kesenian, fotografer, musik religi dan lain-lain, hal itu bisa dilakukan sambil mengisi waktu berbuka.


"Di sisi lain, kegiatan-kegiatan keagamaan di tiap-tiap kampung juga kembali digalangkan. Seperti lomba mengaji, lomba Sholat, dan lomba Adzan untuk anak-anak maupun atraksi atraksi lainnya," pungkasnya. [B-10]