Miris, Puluhan Karyawan Tambang di Hu'u tak Diberi Gaji Hingga Berbulan-bulan -->

Iklan Semua Halaman

.

Miris, Puluhan Karyawan Tambang di Hu'u tak Diberi Gaji Hingga Berbulan-bulan

Tuesday, March 2, 2021
Salah satu Karyawan PT DGW Ramadhan usai memberikan keterangan pers. Foto Poris Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Puluhan karyawan PT Dompu Gutama Wisata (DGW) yang berlokasi di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu NTB keluhkan Gaji yang belum diterima hingga berbulan-bulan.


Hal itu disampaikan salah satu karyawan PT DGW Ramadhan (43) warga Desa Jala yang juga belum dibayarkan gajinya selama tiga bulan oleh perusahaan tersebut. 


"Kami sampai hari ini terus menuntut keadilan, karena selama 3 bulan gaji kami belum dibayar oleh PT. DGW," ungkap Ramadhan, Selasa (2/3/2021) siang.


Diakui Ramadhan, selama ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan perusahaan setempat guna menanyakan mengenai kejelasan masalah gaji tersebut, namun miris, pihak perusahaan terkesan tidak merespon. 


"Sampai saat ini, perusahaan belum juga memberikan jawaban apa apa," terangya.


Menurut Ramadhan, pihkanya bersama para karyawan lainnya sudah tujuh bulan bekerja pada perusahaan tersebut yang bergerak pada kontruksi, ia bekerja sebagai Subkontraktor PT. Sumbawa Timur Minining (PT. STM) yang tidak juga tidak jauh dari lokasi perusahaan tersebut.


Ramadhan berkeinginan, mestinya perusahaan setempat membayar gaji karyawan sesuai tepat waktu. Namun faktanya, mereka mengabaikan apa yang menjadi haknya sebagai karyawan 


Hal itu juga sudah diatur dalam UU No. 13 Tahun 2003 dan Pasal 50-66 UU Nomor 13 Tahun 2003 di Bab IX tentang Ketenagakerjaan. 


"Dasar ini, kami berencana akan melaporkan secara resmi PT DWG kepada kantor Disnakertrans Dompu," kata Ramadhan. 


Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dompu Abdul Syahid SH, saat dihubungi Berita11.com via WhatsApp juga mempertanyakan atas sikap perusahaan tersebut yang belum membayar gaji para karyawannya. 


"Mestinya perusahaan, membayar gaji karyawan sesuai dengan tepat waktu," ujarnya. 


Berangkat dari kondisi ini lanjut Abdul Syahid SH, pihaknya selaku Disnakertrans Dompu menyarankan kepada sejumlah karyawan yang belum dibayar gajinya untuk melayangkan surat resmi.


"Silakan bersurat ke kami. Surat itu nanti, akan kami jadikan dasar untuk memanggil PT DWG tersebut," sarannya. 


Menurut Abdul Syahid SH, pihaknya akan tetap membantu apapun permasalahan yang dialami oleh para karyawan perusahaan yang ada di Kabupaten Dompu.


"Membantu karyawan untuk menuntut haknya kepada perusahaan, itu sudah menjadi tugas kami di Disnakertrans," terangnya. 


Terpisah, sampai berita ini dipublis para awak media masih berupaya untuk melakukan konfirmasi pihak PT. DWG guna untuk dimintai keterangan dalam menyikapi atas keluhan para karyawan. [B-10]