Pastikan Wisata Sejarah dan Budaya di Dompu, PENA Nusantara Kunjungi Kandai Satu -->

Iklan Semua Halaman

.

Pastikan Wisata Sejarah dan Budaya di Dompu, PENA Nusantara Kunjungi Kandai Satu

Saturday, March 20, 2021
Rombongan Pemuda Indonesia (PENA) saat foto bersama di atas Bukit Sultan di Lingkungan Dorompana, Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu NTB, Foto Join BZ. Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Rombongan Pemuda Indonesia Menyapa (PENA) dalam rangka Program Menyapa Nusantara (PMN) mengunjungi Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu NTB, Jumat (19/3/2021) siang.


Kunjungan rombongan yang berjumlah 20 orang gabungan dari berbagai PT di seluruh Indonesia ini bertujuan untuk memastikan tempat-tempat destinasi wisata sejarah dan situs budaya yang ada di Kelurahan Kandai Satu.


Founder PENA se-pulau Sumbawa Provinsi NTB, M. Alvin Jauhari, S. Sos pada Berita11.com mengatakan, PMN adalah program pengabdian masyarakat, peduli pendidikan, pertukaran budaya yang diselenggarakan di daerah-daerah se-Indonesia.


"Kami mendatangi tempat-tempat wisata yang mengandung budaya, karena kita mempunyai tiga visi yakni pendidikan, budaya dan pengabdian sosial," kata Alvin yang juga ketua panitia PMN se-pulau Sumbawa ini.


Selain itu, lanjut Alvin, rombongan Pemuda Indonesia Menyapa (PENA) ini berkunjung di Kandai Satu untuk menggali tentang sejarah budaya termasuk situs-situs kerajaan.


"Wisata di dompu ini seperti apa. Kemudian memberikan edukasi terhadap pemuda dan pemudi di dompu agar menambah wawasan mereka sebagai generasi Indonesia," sambung Alvian.


Terpisah, Lurah Kandai Satu Dedy Arsyik, S.Sos mengapresiasi atas kunjungan rombongan tersebut. Pasalnya, dengan program itu, para pemuda Indonesia lebih khusus di Kelurahan Kandai Satu lebih peka pada isu-isu sosial, pendidikan dan budaya di Indonesia.


"Sebelum menentukan lokasi mana yang dikunjungi, mereka tentukan dulu daerah mana yang akan dikunjungi, Alhamdulillah, Kandai Satu salah satu yang dikunjungi," ujar Lurah Kandai Satu.


Sebelum ke lokasi, baik di situs klasik Dorobata maupun Bukit Sultan, rombongan PMN terlebih dahulu berdiskusi dengan dengan Lurah Kandai Satu tentang sejarah dan budaya dompu.


"Kami juga sempat berdiskusi tentang sejarah dompu dan melakukan sholat jumat bersama di Mesjid Al Azis Dorompana yang tidak jauh dari Bukit Sultan," jelas Dedy Arsyik.


Lalu, Kenapa Rombongan Pemuda Indonesia Menyapa (PENA) Bisa Sampai di Kandai Satu-Dompu ?


Menurut Lurah Kandai Satu, beberapa bulan terakhir ini, lokasi wisata bukit Sultan dan situs klasik Dorobata viral di media sosial dan hangat diperbincangkan dan untuk bergabung di komunitas PMN butuh skill yang mumpuni.


"Peserta yang tergabung dalam Pemuda Indonesia Menyapa (PENA) diseleksi secara ketat, dan yang berhasil lolos seleksi di NTB adalah adinda AMAL asal Kandai Dua yang juga Mahasiswa di Universitas Mataram," ungkapnya.


Lurah Kandai Satu menerangkan, putra  kelahiran Bumi Nggahi Rawi Pahu itu menyampaikan terhadap teman-temanya di Mataram, bahwa di Kelurahan Kandai Satu mempunyai tiga destinasi wisata bersejarah yang kuat.


"Oleh karena viralnya tersebut maka AMAL mengajak teman-temannya untuk datang berkinjung ke Kabupaten Dompu tepatnya di Kelurahan Kandai Satu," terang Dedy Arsyik. [Join BZ]