Polemik Lahan 1 Hektare 70 Are di Kesi, Hasan Pone Sebut Kepala Desa Bohong -->

Iklan Semua Halaman

.

Polemik Lahan 1 Hektare 70 Are di Kesi, Hasan Pone Sebut Kepala Desa Bohong

Friday, March 19, 2021
Hasan Pone selaku pewaris tunggal lahan seluas 1 Hektare 70 Are di so Kesi Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. Dok. Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Terkait masalah atau polemik lahan milik Rohana (37) warga Dusun Karama, Desa Soro Barat, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu NTB seluas 1 Hektare 70 Are yang berlokasi di so Kesi membuat pemilik asli Hasan Pone (pewaris tunggal) geram.


Pasalnya, lahan tersebut menurut dia, tidak ada sengketa dengan pihak keluarganya, apalagi dia tidak ada saudaranya satu pun. Hasan Pone mengaku, lahan tersebut milik orangtuanya bernama Baco sejak tahun 1943 silam sebelum kemerdekaan.


"Saya tidak ada sengketa dengan keluarga mana pun, apalagi saya tidak punya saudara, dan tanah itu murni warisan orang tua ke saya. Jadi, kepala desa bilang bahwa yang sengketa tanah itu adalah saya dan keluarga saya, itu bohong," kecam Hasan Pone via sambungan telpon seluler, Jumat (19/3) siang.


Hasan Pone mengaku, lahan tersebut benar-benar telah dijual kepada Rohana, bahkan setiap kali mediasi baik di kepolisian sektor Kempo maupun di kantor desa setempat tetap hadir untuk mendapingi Rohana.


"Tanah itu memang saya sudah jual kepada ibu Rohana dan beberapa kali sempat dilakukan mediasi dan saya tetap hadir untuk memberikan klarifikasi sekaligus menjadi saksi ibu Rohana," ungkapnya. 


Hasan Pone menambahkan, lahan tersebut memang sudah dikerjakan oleh orang suruhan Kepala Desa setelah berhasil menyerobot sejak bulan November Tahun 2020 lalu, yang seolah-olah Kepala Desa tidak tahu dalam persoalan itu.


"Lahan itu sekarang sedang dikerjakan oleh orang-orang suruhan kepala desa dan dia pura-pura tidak tahu masalah ini," ungkap Hasan.


Sebelumnya, keterangan yang disampaikan Kepala Desa Tolokalo Ikhlas beberapa hari lalu, sangat miris dan tidak rasional. Menurut dia, yang sengketa lahan tersebut adalah Hasan Pone dan keluarganya sendiri.


"Hasan Pone selaku pewaris dan keluarganya yang komplain lahan itu, tidak ada kaitan dengan saya, kalau ibu Rohana itu tidak ada silsilah keturunan Hasan Pone, hanya saja mereka tinggal bersama," ujarnya via sambungan telpon seluler, Senin (14/3) siang. [B-10]