Puskesmas Ranggo Gelar Vaksinasi Tahap Dua Bagi Pejabat Negara -->

Iklan Semua Halaman

.

Puskesmas Ranggo Gelar Vaksinasi Tahap Dua Bagi Pejabat Negara

Wednesday, March 10, 2021
Forum koordinasi pimpinan Kecamatan Pajo usai melakukan vaksinasi Covid-19. Foto Godam Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ranggo, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, NTB menggelar vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang berlangsung di aula Puskesmas setempat, Selasa (9/3/2021) pagi.


Vaksinasi tahap kedua ini dilakukan bagi pejabat negara diantaranya TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Camat, Pol. PP, Pemerintah Desa, Pengajar (Guru), dan tokoh agama khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Pajo.


Kepala Puskesmas Ranggo Hidayat, S.IT menyampaikan, untuk tahap pertama sudah dilakukan bagi tenaga kesehatan baik di lingkup Puskesmas setempat maupun jaringan Posyandu dan Postu yang tersebar di beberapa desa, dan vaksinasi tersebut dilakukan pada tanggal 2 Februari 2021 lalu sebanyak 95 viele atau botol.


"Untuk tahap kedua ini, jatah bagi pejabat negara di Kecamatan Pajo sesuai data yang diberikan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu sejumlah 76 orang," ungkapnya.


Adapun tujuan vaksinasi dilakukan adalah untuk memberikan kekebalan tubuh sehingga akan ada benteng pertahanan dalam tubuh untuk mendeteksi virus yang masuk ke dalam tubuh.


"Dengan adanya suntikan vaksinasi dalam tubuh manusia secara alami bisa mendeteksi virus apa saja yang masuk beda dengan sebelum divaksinasi," bebernya.


Selain itu, Hidayat menambahkan, vaksinasi juga dilakukan adalah salah satu jalan yang ditempuh pemerintah untuk menghilangkan Pandemi Covid-19, dengan catatan tidak semua harus diberi vaksin.


"Hanya orang tertentu saja atau cukup yang mewakili, contoh, Kepala Rumah Tangga, cukup kepala rumah tangga saja yang divaksin, begitu juga dengan lingkungan kerja maupun dalam lingkungan masyarakat," terangnya.


Untuk diketahui, vaksinasi tahap kedua dilakukan hingga akhir bulan Maret, sedangkan di tahap ketiga dilakukan bagi masyarakat umum dimulai April hingga Juni 2021 mendatang. [Godam]