Sikapi Tuntutan LAKP, DPRD Dompu Gelar Rapat dengan Berbagai Pihak -->

Iklan Semua Halaman

.

Sikapi Tuntutan LAKP, DPRD Dompu Gelar Rapat dengan Berbagai Pihak

Wednesday, March 24, 2021
Rapat DPRD Dompu dengan berbagai pihak. Dok. Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - DPRD Kabupaten Dompu melalui Komisi III menggelar rapat dengar pendapat dengan berbagai pihak dalam rangka membahas terkait tuntutan Lembaga Swadaya Masyarakat Advokasi Kebijakan Publik (LSM LAKP) Dompu, Rabu (24/3/2021) siang.


Rapat berlangsung dipimpin Ketua Komisi III, Ismul Rahmadin S.Pdi, didampingi lima orang anggota yakni Muhammad Ikhsan S.Sos, Ismanto, Muhammad Rasyid Ridha, Nurrahmi dan Drs. M. Satria Irawan.


Tujuan adanya rapat tersebut sebagai upaya anggota DPR dalam menyikapi tuntutan LSM LAKP yakni memperbaiki jalan yang rusak di Kelurahan Kandai Dua, tepatnya di sebelah barat Terminal Ginte. 


Pada kesempatan ini, turut hadir jajaran Lembaga Advokasi Kebijakan Publik (LSM LAKP) Dompu, Perwakilan PT Perusahaan Lancar Sejati (Nukman SH dan Abdullah SH MH) dan CV Rora Indah Dompu (Gufran), kemudian Sekertaris PUPR Dompu bersama anggotanya dan perwakilan Camat Woja serta para pihak terkait lainnya. 


Ketua Komisi III DPRD Dompu Ismul Rahmadin S.Pdi, menyampaikan, bahwa dalam rapat dengar pendapat ini membahas mengenai jalan keluar dari permasalahan yang disuarakan oleh LAKP. 


"Inilah alasan kenapa hari ini kita melaksanakan rapat dengar pendapat," ujarnya. 


Ia meminta, dalam rapat itu mampu menghasilkan keputusan dan kesepakatan bersama, sehingga permasalahan tersebut bisa dituntaskan. 


"Solusi inilah yang kita semua harapkan," pintanya. 


Disela waktu, Perwakilan LAKP Dompu Adhi Ramadhan S.Pd alias Ifan Samudra, menyampaikan tuntutan agar PT Lancar Sejati dan CV Rora Indah bertanggung jawab atas kerusakan jalan di lokasi setempat. 


Selain itu, pihaknya juga meminta kepada dua perusahaan tersebut, memberikan perhatian atau kontribusi dalam hal sosial kemasyarakatan khususnya warga yang ada di sekitar lokasi perusahaan. 


"Item item permintaan kami ini pun, sama seperti yang disampaikan oleh kami melalui aksi unjuk rasa kemarin," ungkapnya. 


Menanggapi hal itu, perwakilan PT Lancar Sejati Dompu, Nukman SH didampingi Abdullah SH MH, menyampaikan bahwa perusahaan siap mengakomodir apa yang menjadi tuntutan LAKP Dompu.


"Kami perusahaan siap melakukan tambal sulam aspal terhadap jalan yang rusak itu," terang Nukman.


Namun semua tuntutan LSM LAKP akan diakomodir dan disampaikan kepada pimpinan perusahaan. "Mengenai tuntutan itu, akan kami bahas terlebih dahulu di internal perusahaan," isyarat Nukman.


Hal senada disampaikan dari perwakilan PT Rora Indah yakni Gufran. Ia menyatakan bahwa perusahaan akan siap untuk memenuhi tuntutan LAKP tersebut. "Kami perusahaan juga akan siap melakukan tambal sulam jalan rusak itu," katanya. 


Sementara, Sekertaris Dinas PUPR Dompu melalui Kabid PUPR, juga menjelaskan mengenai tehnik pekerjaan tambal silam jalan yang rusak bahwa pekerjaan tersebut tentu tidak bisa dilakukan dengan waktu yang sedikit, apalagi saat ini sedang musim hujan. 


"Maka itu, perlu perencanaan matang bagiamana mengerjakan tambal sulam aspal jalan yang rusak itu," bebernya. 


Pada rapat ini menghasilkan keputusan bersama dimana dua perusahaan tersebut siap bertanggung jawab untuk melakukan tambal sulam aspal jalan yang rusak tersebut. 


Rapat dengar pendapat sempat diskor sementara waktu mengingat waktu azan Dzuhur tiba. Rapat lanjut usai shalat Dzuhur dan rapat kembali dipimpin Muhammad Ikhsan S.Sos.


Dalam rapat tersebut diharapkan dapat memberikan masukan dan pandangannya sebagai upaya menghasilkan keputusan yang maksimal dan sesuai yang diharapkan. [B-10]