Aksi Heroik Kapten Mahfud Bersama Anggota Selamatkan 11 Warga dan Ternak Terjebak Banjir -->

Iklan Semua Halaman

.

Aksi Heroik Kapten Mahfud Bersama Anggota Selamatkan 11 Warga dan Ternak Terjebak Banjir

Sunday, April 4, 2021

 

Dankipur II Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, Kapt. Inf Mahfud Spontan Melepas Seragam dan Memberikan kepada Warga yang Kendinginan Setelah Terjebak Banjir Berjam-Jam di Daerah Perbatasan, Minggu (4/4/2021). 

Belu, Berita11.com— Dankipur II Kapten Inf Mahfud bersama personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY melakukan aksi heroic penyelamatan 11 warga Dusun Sakafini Desa Tohe Kecamatan Raihat Pos Turiskain Kipur II NTT dan sejumlah ternak yang terjebak luapan banjir, Minggu (4/4/2021).


Dankipur II Kapten Inf Mahfud memimpin langsung proses penyelamatan dan evakuasi terhadap sebelas warga yang tertimpa musibah banjir karena hujan deras di Kabupaten Belu dan daerah sekitar sejak Sabtu sore hingga Minggu.

 

Kapt Inf Mahfud menceritakan, proses penyelamatan itu dilakukan berdasarkan informasi dari Babinsa dan masyarakat setempat kepada pos. Seketika itu juga dia bersama seluruh anggota pos bergerak menuju lokasi terdampak itu.


 

"Jadi kami langsung bergegas dan menyelamatkan mereka yang terkena banjir," ujarnya.

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, 11 warga itu bersama ternak sapi terjebak banjir sejak Sabtu malam. Mereka naik pohon untuk menghindari banjir dan menyelamatkan diri.

 

"Alhamdulillah upaya penyelamatan sejak siang hingga sore hari membuahkan hasil. Penyelamatan pertama berhasil mengevakuasi delapan orang dan sisanya tiga orang berhasil dievakuasi setelah hujan sedikit reda,”  ujarnya.

 

Dari 28 ternak sapi yang diperkirakan hanyut terbawa arus sungai, baru delapan ekor yang berhasil diselamatkan. Adapunya sisanya masih dalam pencarian. Sementara lahan persawahan warga diperkirakan lebih kurang 400 hektar terendam banjir.

 

Para personel pos langsung membuka baju dan memberikan kepada para korban banjir, karena setelah berhasil dievakuasi, para korban terlihat kedinginan.  

 

Terpisah, Danyonif 742/SWY selaku Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro yang memonitor lansung proses evakuasi melalui telepon genggam di Mako Satgas, memberikan apresiasi kepada Dankipur bersama anggota yang sigap merespon kesulitan masyarakat setempat sehingga bisa menyelamatkan warga tepat waktu.

 

"Ini upaya luar biasa yang patut diapresiasi atas langkah cepat dan tepat yang diambil untuk menyelamatkan nyawa maupun ternak masyarakat setempat," ujarnya.

 

"Ini kerja sama yang baik antarpersonel pos dengan Babinsa maupun Babinkamtibmas serta masyarakat setempat sehingga hasilnya lebih efektif," imbuhnya.

 

Menurutnya, hal itu salah satu tugas pos dalam membantu kesulitan masyarakat. Selain tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan dari berbagai tindakan kejahatan ataupun illegal lainnya.

 

Bayu Sigit juga mengingatkan seluruh personel untuk tetap mengedepankan keamanan dan keselamatan personel maupun materil dalam berbagai kegiatan bersama masyarakat.

 

"Jangan lupa amankan personel dan materil baik di pos maupun di luar pos karena kondisi cuaca yang tidak menentu sehingga tetap aman dan terkendali," pesannya. [B-11]