BAPPENAS RI Lantik Youth Forum Ketiga Indonesia di Geopark Tambora -->

Iklan Semua Halaman

.

BAPPENAS RI Lantik Youth Forum Ketiga Indonesia di Geopark Tambora

Saturday, April 10, 2021
GM Dewan Pelaksana Geopark Tambora, Ir Hadi Santoso ST MM IPM Memberi Selamat kepada Pengurus Tambora Geopark Youth Forum yang Dilantik Kementerian PPN/ BAPPENAS di Kawasan Taman Nasional Tambora, Selasa (8/4/2021) lalu.


Dompu, Berita11.com— Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/BAPPENAS) Republik Indonesia melantik Pengurus Tambora Geopark Youth Forum (TGYF) di Kawasan Taman Nasional Tambora, Doro Ncanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Selasa (06/04/2021).

Dalam sambutannya melalui video, Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan (SDEMP) BAPPENAS RI, Dr Ir Yahya Rachmana Hidayat M.Sc, menyampaikan esensi geopark dan pemuda.

“Geopark atau taman bumi adalah penggabungan keragaman geologi, keragaman hayati (flora dan fauna) dan keragaman budaya yang digabungkan untuk menuju tiga pilar yaitu konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat,” terang Dr Yahya.

Yahya menyampaikan peran vital pemuda yang turut mendukung pengembangan geopark, dengan memahami dan mengunakan tiga strategi, potitioning, diferensiasi dan branding/promosi yang tepat.



Perencana Ahli Utama PPN/BAPPENAS RI, Ir Hanan Nugroho M.Sc yang hadir dan melantik langsung 180 pengurus TGYF yang diwakili 10 orang pengurus inti, didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB serta General Manager Dewan Pelaksana Geopark Tambora.

"Kami Lantik secara resmi adik-adik pengurus Tambora Geopark Youth Forum hari ini. Kami berharap adik-adik dapat membantu pengembangan Geoprk Tambora. Karena peran pemuda sangat menentukan kebermanfaatan geopark untuk pembangunan berkelanjutan diberbagai aspeknya,” ujar Hanang.

Hanang menjelaskan bahwa TGYF adalah Youth Forum ketiga yang dilantik oleh BAPPENAS RI secara langsung, setelah Youth Forum di Belitung dan Ijen-Banyuwangi. Youth Forum merupakan salah satu syarat untuk geopark nasional seperti Geopark Tambora agar bisa menjadi UNESCO Global Geopark.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat, Dr H Aidy Furqan M.Pd dala sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus TGYF yang merupakan perwakilan dari 60 SMK/SMA se-Pulau Sumbawa.

"Selamat pada adik-adik yang telah dilantik menjadi TGYF hari ini. Jadikan amanah ini sebagai ruang berkarya untuk daerah, bangsa dan negara," ujar Dr Aidy.




General Manager Dewan Pelaksana Geopark Tambora, Ir Hadi Santoso ST MM IPM menjelaskan, pelantikan TGYF adalah salah satu rangkaian dari Festival Geopark Tambora 2021.

Pihaknya berharap festival akan menjadi salah satu pilar energi baru dalam pengembangan Geopark Tambora. "Pembentukan dan Pelantikan TGYF adalah bentuk nyata melibatkan pemuda untuk menjadi subjek dalam pengembangan Geopark Tambora ke depannya. Di samping pengelola geosite, Pokdarwis, komunitas pencinta alam, dan lain-lain,” tandas Wakil KADIN Kabupaten Bima ini.

Pria yang juga menjabat Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia itu juga berharap momentum peringatan meletusnya Tambora hari ini menjadi inspirasi bagi kaum muda untuk bisa mengubah wajah daerah sebagaimana pesan Gubernur NTB dalam pembukaan Festival Geopark Tambora 2021.


Editor: Redaksi