Cetak Anak Usia Dini yang Cerdas dan Berkarakter, Imamah Dirikan Lembaga English Course -->

Iklan Semua Halaman

.

Cetak Anak Usia Dini yang Cerdas dan Berkarakter, Imamah Dirikan Lembaga English Course

Sunday, April 4, 2021
Peserta didik anak usia dini saat merayakan ulang tahun yang ke-3 di Cafe Imamah. Foto Join BZ. Berita11.com.


Dompu - Usia dini merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi dan kepribadian yang dimiliki oleh anak. Upaya pengembangan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalui pendidikan karakter dalam pembelajaran.


Kegiatan ini tidak hanya terkait dengan kemampuan kognitif saja tetapi juga kesiapan mental, sosial dan emosional. Untuk itu, dalam pelaksanaanya harus dilakukan secara menarik, bervariasi dan menyenangkan.


Hal itu dilakukan Nur Imamah, S.Pd dalam mencetak anak usia dini yang cerdas dan berkarakter melalui lembaga English Course (kursus Bahasa Inggris) yang didirikan sejak 2017 lalu, bertempat di cafe miliknya yakni di Lingkungan Rato, Kelurahan Karijawa, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu NTB.


Wanita kelahiran Dompu 11 Agustus 1993 ini saat merayakan hari ulang tahun lembaga kursus yang ia dirikan pada Jumat (3/4/2021) malam mengatakan, anak usia dini memiliki ingatan yang baik dan menanggapi sesuatu dengan cepat dan mereka aktif dan mempesona bahkan anak usia dini mudah meniru apa yang diajarkan.


"Seperti yang kita ketahui, masa kanak-kanak adalah masa bermain, mereka suka belajar dengan bermain dan melakukan beberapa aktivitas secara aktif dan alami," kata wanita jebolan dari Mahasiswa berprestasi di bidang akademik, FKIP, Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2015 ini.


Menurut wanita yang juga berprestasi pada Awardee Learning Express by Singapore Politechnic dan Sakura Science Program, Jepang tahun 2015 ini, sebagai pendidik harus berperan aktif dalam mendidik mereka dengan menggunakan berbagai teknik secara menarik. 


"Ada banyak teknik yang bisa diterapkan seperti melalui lagu, cerita, video, gambar, dan benda nyata. Guru harus mampu menciptakan proses pembelajaran semenarik, seseru, dan se-menantang mungkin," beber Nur Imamah.


Di lembaga kursus yang dibukanya, lanjut Nur Imamah, tidak hanya mendidik karakter saja tetapi ada juga program studi Bahasa Inggris dengan tujuan agar mereka ketika berbahasa Inggris nanti terasa lancar dan komunikatif. 


"Tujuan utama pengajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini adalah untuk membuat mereka menguasai kosakata sebanyak mungkin, sehingga mereka tidak mengalami kesulitan dalam belajar bahasa inggris kedepannya," tandasnya.


Imamah kembali menjelaskan, pada masa usia dini, otak anak-anak mampu secara cepat menyerap berbagai pelajaran yang diberikan, bahkan pada masa ini pula anak-anak mahir meniru tingkah laku dan kebiasaan serta pelajaran yang diberikan.


"Pendidikan usia dini merupakan cikal bakal pembentukan kecerdasan, moral, dan karakter seorang anak. Selain untuk melatih mental anak ketika harus berbicara di depan umum, menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi atas hal-hal yang positif," pungkasnya. [Join BZ]