Danramil 1614-01/Dompu Pimpin Prosesi Penguburan Jenazah Pasien Covid-19 -->

Iklan Semua Halaman

.

Danramil 1614-01/Dompu Pimpin Prosesi Penguburan Jenazah Pasien Covid-19

Saturday, April 24, 2021
Prosesi penguburan pasien yang diduga terpapar Covid-19 sedang berlangsung di kuburan cina. Foto ist.


Dompu, Berita11.com - Danramil 1614-01/Dompu Kapten Inf. Muhammad Yamin pimpin prosesi penguburan jenazah pasien yang diduga terpapar Covid-19 di pemakaman (kuburan cina) Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu, Sabtu (24/4/2021) pagi.


Pasien bernama Petrus Gunadji pria 72 tahun, agama Katholik, warga Lingkungan Jado, Kelurahan Dorotangga ini meninggal dunia di RSUD Dompu pada Jumat (23/4) kemarin sore, sekira pikul 18.30 Wita.


Kapten Inf. Muhammad Yamin kepada Berita11.com mengatakan, pemulasaraan jenazah psien Covid-19 ini dilakukan petugas kesehatan RSUD Dompu dibantu beberapa anggota Sat Pol PP yang bertugas di gedung isolasi sejak tadi malam.


"Pasien meninggal tadi malam di RSUD Dompu dengan penyakit bawaan atau diagnosa karena adanya cairan pada Paru-paru dan peneonimia virus DM Tp 2 dan prosesi pemakaman dengan standar Prokes yang sudah di tetapkan," kata Muhammad Yamin.


Sebelum dilakukan prosesi pemakaman, Babinkamtibmas dan Babinsa kelurahan setempat memberikan himbauan dan berkoordinasi dengan pihak keluarga agar bersabar dan terima almarhum dimakamkan sesuai protokol pemerintah Covid-19.

Danramil 1614-01/Dompu saat melepaskan APD setelah penguburan pasien yang diduga terpapar Covid-19. Foto ist.

"Pihak warga yang diwakili Ketua Rt.07, Syahril Rente, SH beserta pemuda setempat menerima Almarhum dimakamkan di situ (kuburan cina, red) sesuai Prokes Covid-19," terang Danramil 1614-01.


Pada saat prosesi pemakaman petugas menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan saat pemakaman, petugas menghimbau terhadap warga setempat untuk tidak menyaksikan prosesi pemakaman. 


Sementara, kegiatan prosesi pemakaman dimonitoring, KBO Sat Sabhara Iptu Syamrurrijal, S.Sos, Lakhar Kapolsek Dompu Ipda Marzuki dan sejumlah anggota dari Polsek Dompu.


Kemudian, Sekertaris Dikes Maman, S.Km., MM.kes, Petugas Nakes dari RSUD Dompu, Sekertaris Puskesmas Dompu Kota. Mulyadin. A.Md., Kep berserta bidan wilayah Dorotangga. 


Kegiatan selesai sekira pukul 11:45 Wita dan berjalan dengan aman dan lancar dan kegiatan tersebut dapat pengamanan dari anggota Polres Dompu yang dipimpin KBO Sat Sabhara dan anggota Polsek Dompu yang dipimpin Lakhar Kapolsek Dompu. [B-10]