Didukung Polsek dan Pemerintah Kecamatan, Puskesmas Maluk Sukses Gelar Vaksinasi -->

Iklan Semua Halaman

.

Didukung Polsek dan Pemerintah Kecamatan, Puskesmas Maluk Sukses Gelar Vaksinasi

Thursday, April 29, 2021
Kegiatan Vaksinasi oleh Puskesmas Malu, Kabupaten Sumbawa Barat, Rabu (28/4/2021).


Maluk, Berita11.com— Didukung Pemerintah Kecamatan Maluk dan Polsek, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Maluk sukses menyelenggarakan vaksniasi bagi warga lanjut usia (Lansia). vaksinasi digelar di aula Puskesmas setempat, Rabu (28/4/2021).

Vaksinasi Covid-19 digelar 19-30 April 2021. Lima desa di Kecamatan Maluk yang menjadi target vaksinasi Covid-19 yaitu Desa Benete, Desa Maluk, Desa Mantun, Desa Bukit Damai dan Desa Pasir Putih.

Kepala UPTD Puskesmas Maluk Fahmi S,KM kepada Berita11.com mengatakan, vaksinasi Covid-19 berlangsung sukses berkat peran serta semua elemen mulai dari tim Satgas/ tim kesehatan UPTD Puskesmas Maluk, Babinkamtibmas, Babinsa, Kapolsek Maluk, RT dan Kadus dari setiap desa tersebut.

“Kerja sama yang baik dari warga itu sendiri. Kita melakukan kegiatan vaksin ini malam hari mulai pukul 20.00 Wita sampai selesai, karena kebetulan bertepatan dengan puasa Ramadan,” katanya di KSB.




Dia mengatakan, sejumlah lansia peserta vaksin yang tidak bisa hadir dijemput pihaknya dengan ambulan dan mobil Polsek. Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan dengan tetap memerhatikan standar protokol kesehatan seperti mencuci tangan di air mengalir, menggunakan hand sanitizer, masker dan menjaga jarak.

“Kami dari tim kesehatan menyatakan vaksin Covid 19 itu tidak berbahaya. Justru membantu tubuh kita kebal terhadap virus. Jadi, selain menerapkan hidup dengan mentaati prokes pencegahan Covid-19, warga juga diminta untuk tidak takut untuk divaksin,” imbaunya.

Vaksinasi Covid-19 telah dilakukan untuk warga beberapa desa di KSB sepeti Desa Maluk, Desa Benete, Desa Mantun dan Desa Bukit Damai. Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan terhadap warga Desa Pasir Putih.

Di sela vaksinasi, Fahmi menyampaikan maraknya informasi sesat tentang bahaya vaksin Covid-19. Menurut dia, sebagaimana Fatwa MUI Nomor: 02 Tahun 2021 tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Science Co. LTD China dan PT Bio Farma (Persero), MUI menyatakan bahwa vaksin tersebut hukumnya suci , halal serta aman untuk digunakan. [B-14]