Disnakertrans KSB Imbau May Day Diisi Kegiatan Positif -->

Iklan Semua Halaman

.

Disnakertrans KSB Imbau May Day Diisi Kegiatan Positif

Thursday, April 22, 2021
Kabid HI Disnakertrans KSB, Tohirudin SH Diwawancarai Wartawan. Foto B-24/ Berita11.com.


Taliwang, Berita11.com— Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat mengimbau agar hari buruh internasional (May Day) yang biasa diperingati 1 Mei diisi dengan kegiatan positif.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumbawa Barat melalui Kabid Hubungan Industrial Disnakertrans KSB, Tohirudin SH kepada Berita11.com mengatakan, menghadapi May Day pada 1 Mei 2021, pemerintah berencana akan melakukan pertemuan dengan para serikat buruh yang ada di KSB yang tercatat di Disnakertrans.

Rapat itu akan mengusung tema “May Day is Build Together,”. Tujuannya memberi pemahaman kepada para buruh atau pekerja merayakan hari buruh se-dunia dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif .

“Hal ini juga sesuai instruksi Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Dr Hj Ida Fauziyah, M.Si, bahwa buruh tetap bisa merayakan May Day 1 Mei 2021, tapi dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan memerhatikan juga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan tidak mengundang massa berkumpul,” ujar Tohirudin di Disnakertrans KSB, Kamis (22/4/2021).

Menurut Tohirudin, buruh berhak merayakan hari buruh. Namun pemerintah juga berharap para pekerja merayakan hari buruh dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Perayaan kegiatan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif, tidak mengundang massa besar untuk berkumpul,” katanya.

Dikatakannya, May Day 2021 juga bertepatan dengan bulan suci Ramadan 1442 Hijriah. Untuk itu, para buruh harus memertimbangkan situasi bulan suci.

“Pemerintah siap untuk memfasilitasi melalui Dinas Tenaga Kerja sebagai instansi yang membidangi ketenagakerjaan. Seperti apa konsep atau tema kegiatan kegiatan positif dalam perayaan May Day 1 Mei 2021 akan disepakati dengan parah buruh pada pertemuan rapat Jumat 23 April 2021,” katanya.

Tohirudin menjelaskan, rapat dengan parah buruh menjelang May Day merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan OPD setempat. Pada kegiatan itu, pemerintah mengarahkan para pekerja untuk memerhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Cuci tangan pakai sabun di air mengalir, menggunakan hand sanitizer dan pakai masker, serta jaga jarak dan tidak berkerumun,” tandasnya. [B-14]