Hebat, 58 Lansia di Brang Ene Ikut Vaksinasi Covid-19 -->

Iklan Semua Halaman

.

Hebat, 58 Lansia di Brang Ene Ikut Vaksinasi Covid-19

Tuesday, April 27, 2021
Salah Satu dari Puluhan Warga Lansia di Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa yang Mengikuti Vaksinasi Tahap II.


Taliwang, Berita11.com— Sebanyak 58 warga lanjut usia (Lansia) di Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat mengikuti vaksin di Desa Kalimantong KSB, sekira pukul 08.00 Wita, Senin (26/4). Vaksin dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Brang Ene.

Vaksinasi dilakukan dalam rangka menanggulangi virus Covid-19 yang saat ini masih menyebar di Indonesia khususnya di Sumbawa Barat.

Dalam kegiatan tersebut, Babinkamtibmas Desa Kalimantong mengamankan jalannya kegiatan vaksin sehingga aman dan lancar.

Dalam pelaksanaan vaksinasi, warga tetap menggunakan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak dan mengikuti instruksi petugas kesehatan.

"Sebelum dilakukan vaksin, para pasien terlebih dahulu diperiksa kesehatannya sehingga nantinya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujar Paur Humas Polres Sumbawa Barat, Eddy Soebandi S.Sos dalam laporannya di Taliwang, Senin.

Bagi pasien yang mengalami gejala seperti tensi darah naik atau ada keluhan kesehatan dan penyakit lain yang akut maka tidak dapat mengikuti vaksinasi. Kegiatan berlangsung aman dan lancar.

Pada bagian lain, berbagai cara dan usaha terus dilakukan jajaran Kepolisian Resor Sumbawa dalam mensukseskan salah satu program pemerintah yakni program vaksinasi covid-19 dalam rangka percepatan penangan covid-19 di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Hal itu salah satunya dilakukan Polsek Utan Polres Sumbawa yang melaksanakan antarjemput para warga lansia calon penerima vaksin tahap 2 desa di Desa Jorok dan Desa Motong.




Para warga lansia tersebut di jemput langsung menggunakan mobil dinas Polsek Utan untuk diantarkan ke Puskesmas Kecamatan Utan, Selasa (27/04/21) pagi.

Kapolsek Utan Iptu M Yusuf saat dikonfirmasi mengatakan, penyediaan sarana penjemputan tersebut bertujuan mempermudah dan mempercepat proses vaksin kepada lansia di Kecamatan Utan.

"Mobil dinas Polsek Utan kami siapkan untuk menjemput warga lansia. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan prima kepada masyarakat kami guna mensukseskan pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Utan,” ucap Yusuf.

Tidak sekadar menjemput warga lansia, personil Polsek yang menjemput, juga bertugas meyakinkan serta memberi motivasi kepada warga lansia agar tidak khawatir dan takut untuk divaksin.

Sementara itu, Bataliyon Vaksinasi Polres Sumbawa Barat memberikan vaksinasi kepada 40 orang lansia di halaman Masjid Ar-Rahmatullah Mapolres setempat, Senin (26/4/2021) sore.

Kegiatan dipimpin langsung Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin S.Sos didampingi Paur Humas Ipda Eddy Soebandi SSos.

Kompol Jamaluddin mengatakan, Bataliyon Vaksinator yang diinisiasi Kapolda NTB ini untuk mempercepat pencapaian vaksinasi dalam program lomba Kampung Sehat Jilid II.

"Kami terus bergerak melakukan percepatan program vaksin nasional dalam mendukung Kampung Sehat Jilid II nurut tatanan baru," ujar Kompol Jamaluddin melalui Paur Humas Ipda Eddy Soebandi SSos di Taliwang, Selasa.




Polres Sumbawa Barat juga menyediakan pelayanan vaksinasi dengan metode drive thru, di mana program vaksinasi ini dikhususkan untuk pelayanan lansia.

Dikatakannya, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah pusat hingga daerah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19. Untuk tujuan tersebut Kapolri bersama Panglima TNI telah meluncurkan program Kampung Tangguh Nusantara.

"Kalau di provinsi atau daerah lain mungkin memakai istilah kampung tangguh nusantara, namun di NTB Kapolda melakukan improvisasi dengan meluncurkan kampung sehat," katanya.

Perwira Menengah Polri melati satu itu mengatakan, Kampung Sehat yakni kampung yang Steril dari Covid-19, memiliki ketahanan pangan dengan ekonomi produktif, masyarakatnya harmonis dan lingkungannya asri serta tangguh menghadapi setiap kondisi.

“Itulah Kampung Sehat yang diidam-idamkan Bapak Kapolda NTB. Jadi, para tokoh masyarakat, tokoh agama juga jangan melupakan protokol kesehatan, termasuk bagi para lansia,” ujarnya.

Paur Subbag Humas polres Sumbawa Barat IPDA Eddy Sobandi,S.Sos menambahkan, dalam kegiatan vaksinasi warga lansia, Polres Sumbawa Barat membagikan paket bingkisan berupa beras 5 kg, susu kotak 900 ml, bubur kacang hijau dan sebungkus kurma.


"Warga lansia yang mendapatkan vaksin sebayak 40 orang, sebelum dilakukan vaksinasi terlebih dahulu dilakukan screaning kesehatan baru mendapatkan vaksin.Setelah divaksin warga dilakukan observasi terlebih dahulu selama 30 menit untuk menunggu reaksi vaksin tersebut,” jelasnya.

Setelah mendapatkan vaksin, warga lansia diimbau agar tetap mematuhi Prokes Covid-19, dengan cara 5M (mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi). [B-12]