Kejari Dompu Sebut Terdakwa Alfian dengan Korban sudah Damai -->

Iklan Semua Halaman

.

Kejari Dompu Sebut Terdakwa Alfian dengan Korban sudah Damai

Thursday, April 22, 2021
Kepala Kejari Dompu Mei Abeto Harahap, S.H., M.H saat memberikan keterangan pers. Foto Poris Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Dompu Mei Abeto Harahap, S.H., M.H menyebutkan, terdakwa Alfian Putra Setia dan korban dalam Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) inisial IPN sudah sepakat berdamai.


"Setelah berkas dari Polres masuk ke kita, kita undang korban dengan terdakwa untuk dilakukan mediasi dan hasil media itu kedua belah pihak sepakat damai dan korban tetap melanjutkan perkaranya ke pengadilan," kata Mei Abeto saat menggelar konferensi pers di kantornya, Rabu (21/4) siang.


Menurut Mei Abeto, atas dasar perdamaian itu lah, terdakwa Alfian Putra Setia dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Islamiyyah, S.H.,MH satu bulan penjara karena antara korban (istrinya) IPN dan terdakwa sudah sepakat damai, sehingga dibuatkan berita acaranya.


"Kemarin kami sudah berikan solusi jalan tengah, supaya berdamai, akhirnya korban memaafkan suaminya (terdakwa, red) cuman korban melanjutkan perkaranya atau serahkan ke pengadilan," bebernya.


"Nah sekarang perkaranya ke pengadilan, kita tuntut satu bulan dia komplain ke saya, ya nggak fer donk apalagi ditempel dengan materei Rp10.000," sambung Mei Abeto.


Sebelum dibuatkan berita acara hasil mediasi, Mei Abeto mengaku bahwa kedua belah pihak sudah pernah ditanya, apakah masalahnya tersebut ingin dilanjutkan ke meja hijau atau sampai di situ saja. 


"Saat mediasi itu, saya bertanya apakah kalian mau melanjutkan permasalahan internal keluarga kalian ini ke proses hukum atau kalian mau berdamai, korban menjawab ya dan ditanya si korban, apakah mau memaafkan perbuatan terdakwa, korban jawab iya, akhirnya dibuatkan lah berita acaranya," terangnya.


Berikut bunyi berita acara mediasi yang dibacakan Kejari Dompu di hadapan puluhan wartawan yang ikut dalam konferensi pers pada Rabu (21/4) sore kemarin.


"Bahwa Indah Pratiwi Ningsih dengan terdakwa Alfian Putra Setia dengan hasil mediasi sebagai berikut, Korban Indah Pratiwi Ningsih telah memaafkan perbuatan pelaku Alfian Putra Setia akan tetapi korban tidak akan mencabut laporan pengaduan atas kejadian penganiayaan yang dilakukan oleh saudara Alfian Putra Setia terhadap diri korban" 


Kurang lebih seperti itulah bunyi berita acara yang dibacakan Mei Abeto. [B-10]