Kunjungi Bukit Sultan, Ketua DPRD Dompu: Pemuda Dorompana Harus Diperioritaskan -->

Iklan Semua Halaman

.

Kunjungi Bukit Sultan, Ketua DPRD Dompu: Pemuda Dorompana Harus Diperioritaskan

Sunday, April 11, 2021
Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, A.Md.Par dan istri tercinta saat berziarah makam Sultan Syamsuddin. Dok. Poris Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Bukan hanya Bupati Dompu Kader Jaelani yang merencanakan untuk pemuda Dorompana atau pengurus Bukit Sultan harus diperioritaskan. Tetapi, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, A.Md Par juga menyuarakan hal yang serupa.


"Kita akan libatkan pemuda di sini, apabila nanti kalau ada bantuan berupa pagar dan lain sebagainnya kita prioritaskan mereka untuk mengelolanya," kata Andi Bachtiar saat berada di Bukit Sultan Dorompana dalam rangka ziarah makam Sultan Syamsuddin, Minggu (11/4/2021) siang.


Menurutnya, semula ia berpikir bahwa tempat makam Sultan Syamsuddin yang bergelar Sohibul Karomah Wal Fadillah dan Dewa ma Wa'a Bata yang dinobatkan sebagai Sultan pertama menganut agama Islam pada tanggal 24 September 1545 Masehi itu terletak di bawah perkampungan.


"Setelah saya tapaki tempat ini, ternyata pemerintah harus mengambil bagian untuk mengintervensi lokasi ini, minimal pembuatan ganggang pendakian, saya juga baru pertama kali datang ke sini," tutur pria yang sudah dua periode menduduki kursi panas DPRD Dompu ini.


Andi Bachtiar menjelaskan, tempat bersejarah itu, rupanyan sudah pernah dibahas beberapa tahun lalu, dan tempat Bukit Sultan dicanangkan akan dibuatkan berupa Nggusu Waru, dan rencana itu bakal dilaksanakan setelah mengunjungi lokasi Bukit Sultan.


"Kebetulan, dua tahun yang lalu kita sudah pernah ada rangsangan untuk dibuatkan dalam bentuk Nggusu Waru, dan di depan Kabag keuangan dan Kadis pariwisata beserta Umi Lilis (Istri Bupati, red) tadi sudah memastikan kita harus eksekusi," ungkapnya.


Berangkat ke view pemandangan ketika berada di atas Bukit Sultan, Andi Bachtiar sepertinya tak bisa menguraikan dengan kata-kata setelah menyaksikan indahnya panorama Kabupaten Dompu, apalagi di atas Bukit Sultan udaranya cukup sejuk.


Selain menyuguhkan keindahan alam yang eksotis dengan latar belakang pemandangan pegunungan serta persawahan juga indahnya panorama kota dompu dari ujung ke ujung, Bukit Sultan juga memiliki beberapa spot foto untuk Selfi para pengunjung. 


"Luar biasa pokoknya," cetus pria yang dikenal cukup ramah ini dengan singkat. [B-10]