Lurah, Ketua LP2 Samada Apresiasi Atas Kepedulian AKJ-Syah Terhadap Situs Bersejarah -->

Iklan Semua Halaman

.

Lurah, Ketua LP2 Samada Apresiasi Atas Kepedulian AKJ-Syah Terhadap Situs Bersejarah

Tuesday, April 13, 2021
Lurah Kandai Satu Dedy Arsyik, S.Sos dan Ketua LP2 Samada Ir. M. Nor saat berada di sekitar Bukit Sultan. Foto ist.


Dompu, Berita11.com - Dua tokoh pegiat budaya dan sejarah yakni Lurah Kandai Satu Dedy Arsyik, S.Sos dan Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam (LP2 Samada) Kabupaten Dompu Ir. M. Nor apresiasi terhadap kepemimpinan Abdul Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan, ST., MT (AKJ-Syah).


Bagaimana tidak, pasangan yang baru naik tahta dalam memimpin Bumi Nggahi Rawi Pahu itu mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap situs-situs atau peninggalan sejarah. Hadirnya kepemimpinan AKJ-Syah bisa dibilang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan pemimpin-pemimpin pada era sebelumnya.


Bahkan, pria disapa akrab "Aba Kader" ini ingin membenahi dan menata rapi lokasi Bukit Sultan terutama bangunan makam Sultan Syamsuddin dengan menggunakan uang pribadi, selain itu, pemuda Dorompana yang mengurus makam Sultan Syamsuddin dicanangkan bakal digaji.


"Kepemimpinan AKJ-Syah sangat luar biasa," apresiasi Lurah Kandai Satu kepada Berita11.com saat ditemui di kantornya, Senin (12/4) siang.


Menurut Dedy, Dompu tidak boleh kalah dengan daerah-daerah tetangga, seperti Bima misalnya, penjaga atau pegawai museum digaji, begitu juga dengan penjaga makam para raja-raja, semua digaji oleh pemerintah setempat.


"Apalagi di dompu ini banyak peninggalan-peninggalan sejarah terbesar atau terkuat terutama di Kelurahan Kandai Satu, banyak situs-situs yang bersejarah," ungkapnya 

Lurah Kandai Satu Dedy Arsyik, S.Sos.

Dedy kembali menerangkan, dalam dua tahun terakhir ini, balar sudah melakukan penelitian di sekitar wilayah situs dorompana (bukit sultan) pada tahun 2018 dan 2019 lalu, dari hasil penelitian diketahui bahwa di atas pemukiman warga yang terletak di sekitar bukit sultan banyak peninggalan sejarah.


Untuk itu, Dedy berharap terhadap Bupati Dompu untuk ditindaklanjuti dalam menyikapi hal itu. "Harapan kami kepada Pemerintah Daerah bagaimana bisa membebaskan situs Dorompana itu," pintanya.


Berangkat dari keinginan Dedy untuk menyongsong hari jadi dompu yang ke-206 sebagaimana yang disampaikan dalam rapat persiapan hari jadi Dompu yang ke-206 di ruangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu beberapa hari lalu.


Pada kesempatan itu, ada tiga rangkaian acara yang dia usulkan dua diantaranya sudah terlaksana yakni pentas seni budaya dilaksanakan di atas Bukit Dorobata dan melakukan ziarah Makam Sultan Syamsudin.


Satu diantaranya yang belum terpenuhi atau belum terlaksana yaitu kemah bakti di sekitar lokasi Doro Wadu Na'e (DWN). Untuk itu, Dedy berkeinginan kegiatan itu dapat dilaksanakan entah di momen apa saja. 


"Pokoknya, apapun kegiatan pemerintah yang berkaitan dengan kemah entah itu kemah Pramuka atau kemah PPL bisa dilaksanakan di sekitar lokasi Doro Wadu Na'e, apalagi tempatnya bagus dan tidak ada yang dikhawatirkan," pungkas Dedy Arsyik.

Ketua LP2 Samada Kabupaten Dompu Ir. M. Nor disapa akrap Uma Neo. 

Sementara, Ketua LP2 Samada Ir. M.Nor juga menyikapi hal yang serupa, pihaknya menilai kepemimpinan AKJ-Syah telah mulai menampakan warna baru bagi daerah Kabupaten Dompu.


Menurut pria sapaan akrap Uma Neo ini, kepedulian AKJ-Syah dapat terlihat saat berkunjung di makam Sultan Syamsuddin pada Minggu (11/4) lalu, harapan serta impian Uma Neo yang ingin diperhatikan oleh pemerintah akhirnya kini terjawab sudah.


"Alhamdulillah, saya pribadi beserta warga Kelurahan Kandai Satu lebih khusus warga Dorompana dan Dorongao apresiasi dan memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah AKJ-Syah," ungkap Uma Neo.


Ia juga berpendapat, kunjungan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Dompu dalam rangka berziarah makam Sultan Syamsudin sebagai peringatan hari jadi dompu yang ke-206 itu baru kali pertama.


"Peristiwa ini baru pertama kali di lakukan Bupati dan Wakil Bupati beserta seluruh Forkopimda kami sangat bangga terhadap kepemimpinan AKJ-Syah," pungkasnya. [B-10]