Mulok UAS SDN 2 Dompu Tampilkan "Rimpu, Sanggentu dan Katente, Saremba Tembe Nggoli" -->

Iklan Semua Halaman

.

Mulok UAS SDN 2 Dompu Tampilkan "Rimpu, Sanggentu dan Katente, Saremba Tembe Nggoli"

Friday, April 9, 2021
Siswi Kelas VI SDN 2 Dompu saat dinilai oleh guru bidang studi Mulok. Dok. Poris Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok) bagi peserta didik kelas VI SDN 2 Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB, menampilkan pakaian adat dompu dengan mengenakan Tembe Nggoli, Jumat (9/4/2021) pagi.


Bagi yang putri mengenakan rimpu dan Sanggentu sedangkan yang putra mengenakan Katente dan Saremba tembe. 


Kepala SDN 2 Dompu Rudi Hartono, S.Pd melalui Wali Kelas Rosdiati, S.Pd mengatakan, tujuan Mulok dengan menampilkan pakaian adat seperti itu, selain mengenang adat dompu yang juga bertepatan hari jadi dompu ke 206 tahun yang jatuh pada tanggal 11 April 2021 mendatang.


Pakaian adat itu juga bermaksud untuk memberikan edukasi terhadap para peserta didik tentang pakaian adat bahwa pakaian Rimpu adalah untuk menutup aurat bagi perempuan sedangkan Katente dan Saremba menunjukan bahwa laki-laki itu tangguh.

Para siswa SDN 6 Dompu saat dinilai oleh guru mata pelajaran Mulok. Dok. Poris Berita11.com.

"Pakaian-pakaian seperti ini lah yang dilakukan oleh orang-orang pada jaman dulu sebelum ada jilbab dan semoga kegiatan ini tetap dilaksanakan untuk mengenang adat kita pada jaman dulu," kata Rosdiati.


Menurutnya, dengan mengenal pakaian adat para peserta didik dibekali dengan rasa percaya diri untuk membudidayakan budaya dompu supaya tetap dilestarikan


"Kebetulan ini khusus kelas VI saja, jadi para siswa selaku generasi penerus bisa mempertahankan budaya kita, apalagi beberapa hari lagi dompu mengadakan hari ulang tahun semoga tetap ditampilkan pakaian yang menggambarkan adat dompu," harap Rosdiati.


"Dan, insya Allah kelas yang ke bawah juga nanti akan diadakan pakaian adat seperti ini," sambung Rosdiati sembari mengakhiri penyampaiannya. [B-10]