Pemprov NTB Ajak Peradah Bersinergi Dukung NTB Gemilang -->

Iklan Semua Halaman

.

Pemprov NTB Ajak Peradah Bersinergi Dukung NTB Gemilang

Sunday, April 18, 2021

 

Mewakili Gubernur NTB, Kepala Diskominfostik Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi MH Menyampaikan Sambutan dalam Loka Sabha VI yang Berlangsung di Gedung Rektorat Lantai III IAHN Pudja Mataram, Minggu (18/4/2021).

Mataram, Berita11.com— Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos., M.H., mengajak Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (PERADAH) Provinsi NTB bersinergi, berperan dan memberikan kontribusinya untuk mewujudkan NTB Gemilang.


Hal tersebut dikatakannya dalam acara Loka Sabha VI yang berlangsung di Gedung Rektorat Lantai III IAHN Pudja Mataram, Minggu (18/4/2021).


Gede yang mewakili Gubernur NTB berharap agar berbagai tahapan proses Loka Sabha dapat melahirkan pemimpin dan pengurus, sehinggga menghasilkan program kerja yang dapat bersinergi dengan Pemrov NTB, sehingga  fokus memberikan kontribusi untuk menyukseskan program NTB Gemilang, demi kesejahteraan masyarakat.


"Atas nama Pemerintah Provinsi NTB, kami menyampaikan selamat atas terselenggarannya Loka Sabha (Koferensi Daerah) yang ke-6, Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Peradah Provinsi NTB," ucap Gde.


Visi misi Perada yang fokus pada leadership dan euntrenersip, sejalan dengan program strategis Pemrov NTB, yakni pengembangan SDM wirausaha dan penguatan UMKM.


Menurutnya, di NTB banyak event nasional maupun internasional. Jadi, menghadapi itu pemuda Peradah harus dapat memberikan kontribusi untuk membangun UMKM yang bergerak pada semua bidang usaha.



"Jadi, jiwa usaha ini harus dibangun dan dilatih, agar menjadi entrepreneurship," ajak Gede.


Selain itu, dia juga menjelaskan, dalam setiap organisasi, pengurusnya dilatih untuk memiliki jiwa leadership. Tidak cukup itu, menjadi seorang pemimpin harus komplit. Tidak hanya cerdas saja, tapi memiliki kepedulian, membangun komunikasi dengan semua pihak.


"Di samping itu rasa percaya diri dan tetap teguh pada keyakinan dan kebenaran," ujarnya.


Bukan hanya itu saja lanjut Gede, di era globalisasi dengan kemajuan dan perkembangan teknologi IT, semua orang dituntut mengusai ilmu pengetahuan dan teknologi. Era revolusi 4.0 saat ini, persaingan yang kompetitif terjadi pada semua lini dan sendi kehidupan, sehingga menghadapi itu semua butuh keyakinan, keimanan dan ketakwaan, ini yang menyempurnakan semuanya.


"Ingat menjadi pemimpin adalah teladan. Apa yang dilakukan pemimpin akan menjadi contoh bagi masyarakat," tutupnya.


Hal senada disampaikan Ketua PHDI NTB, Ida Made Santi Adnya SH.,MH. Dia mengatakan, dewasa ini program pemerintah provinsi maupun pemeritah pusat sedang getolnya membangun ekonomi melalui pemberdayaan UMKM.


"Maka Peradah harus melihat ini sebagai peluang, untuk mendukung, mensukseskan dan bersinergi mensukseskan program pemerintah," katanya.


Menurut dia, hal itu sejalan dengan prioritas Peradah, sehingga harus dimanfaatkan oleh pemuda sebagai upaya mendorong jiwa kewirausahaan.  Untuk membangun generasi Hindu pada masa IT dituntut memiliki jiwa kreatif dan inovatif.


"Sehingga harus fokus menciptakan lapangan kerja, bukan mencari kerja itu yang penting. Tapi harus cerdas, pandai mencari peluang, terampil dan mengusai teknologi," tegasnya.


Dia mengatakan, terpilihnya pemimpin yang dapat membawa organisasi ke arah yang lebih baik. Menjadi agent of change dengan membawa perubahan bagi kebaikan bangsa dan negara.


“Namun pemimpin yang dilandasi dengan dharma bakti dan ahlak yang baik,"pungkasnya.


Sementara itu, Ketua Peradah Indonesia, I Gede Ariawan S.IP.,M.IP mengakui bahwa walaupun di tengan pandemi Loka Sabha masih dapat dilaksanakan walaupun terbatas. “Tapi tidak mengurangi esensi kegiatan,” ucapnya.


Menurutnya, Peradah merupakan satu-satunya ormas pemuda Hindu yang duakui pemerintah. Pengurusnya ada di 32 provinsi. Kemudian ada 117 cabang kabupaten dan kota, sesuai Munas 2018. Selain itu, terdapat 250 komisariat di kecamatan dan desa se-Indonesia, sehingga Peradah dituntut untuk tetap membangun sinergi dengan semua pihak, termasuk dengan pemerintah dan organisasi Hindu lainnya.


Dia berharap Ketua Peradah Provinsi NTB, I Gede Purnama Mahendra Arta, bisa meneruskan program terbaik dan membangun sinergi dan kompak memajukan organisasi. “Terus fokus cetak pemimpin masa depan dan wisausaha muda,” pintanya.


Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan anggota DPRD Kota Mataram, perwakilan Pemkot Mataram, Plt Rektor IAHN, Kabid Bimas Hindu Kanwil Depag NTB, Tokoh PHDI NTB,  tokoh agama Hindu, pemuda Hindu dan peserta Loka Sabha se-NTB.


Editor: Redaksi