Peringati HUT, Berita11.com beri Penghargaan kepada Kodim 1614/ Dompu dan Badan Publik lain -->

Iklan Semua Halaman

.

Peringati HUT, Berita11.com beri Penghargaan kepada Kodim 1614/ Dompu dan Badan Publik lain

Monday, April 19, 2021
Editor Berita11.com, Nurdin Menyerahkan Piagam Penghargaan dalam Rangka HUT ke-10 Berita11.com kepada Dandim 1614/ Dompu, Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom di Kodim Dompu, Senin (18/4/2021).


Dompu, Berita11.com— Harian online Berita11.com memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 dengan cara sederhana. Salah satunya memberi penghargaan kepada badan publik yang dianggap memiliki kiprah untuk kepentingan banyak orang.

Editor harian Berita11.com, Nurdin mengatakan, pada momen HUT ke-10, Berita11 memberikan sejumlah penghrargaan kepada badan publik seperti Kodim 1614/ Dompu. Di mana badan publik tersebut dinilai memiliki kiprah dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik melalui publikasi kegiatan/ program secara rutin maupun berkala.

“Selain itu, kami melihat kiprah Kodim 1614/ Dompu dalam upaya menjaga kelestarian hutan dan lingkungan melalui kegiatan penghijauan yang dilakukan Babinsa dan berbagai jajarannya. Itu adalah hal positif yang patut diapresiasi, karena itu berkaitan dengan kepentingan publik,” ujarnya di Dompu, Senin (19/4/2021).

Dikatakannya, piagam penghargaan untuk Kodim Dompu diserahkan langsung kepada Dandim 1614/ Dompu, Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom pada Senin (19/4/2021). Piagam penghargaan dari Berita11.com juga akan diberikan kepada lembaga public lain dan kampus yang menurut penilaian tim Berita11.com memiliki kiprah baik berkaitan kegiatan sosial dan upaya menjaga lingkungan.

“Sekarang kegiatan-kegiatan badan public cenderung terbuka dan bisa diakses oleh public (masyarakat) melalui pemberitaan di media. Menurut kami itu adalah awal yang positif, sepanjang itu bukan berkaitan dengan informasi dikecualikan seperti yang mengganggu keamanan negara dan lain-lain,” ujar pria yang diakrab Poris ini.

Poris memastikan, pemberian piagam penghargaan dari Berita11.com kepada badan publik hanyalah bentuk apresiasi kepada mitra. Berita11.com tetap berkiprah sebagai media yang independen, bekerja untuk hak-hak dan kepentingan orang banyak. Karena loyalitas media adalah nilai-nilai kebenaran yang dianut banyak orang (publik). Sebagai salah satu media lokal, Berita11.com tetap melaksanakan berbagai fungsi seperti fungsi edukasi, informasi dan fungsi kontrol sebagaimana amanat Undang-Undang Pokok Pers Nomor 40/ 1999.

Poris juga mengatakan, piagam penghargaan Berita11.com juga akan berikan kepada Humas STKIP Taman Siswa Bima, sebagai salah satu lembaga humas perguruan tinggi yang aktif memproduksi informasi kegiatan kampus.

“Kami adalah media yang belajar berkembang. Kami yakin Berita11.com hadir sebagia pelengkap informasi publik di tengah banjir informasi era post truth, era media sosial, era masyarakat menjadi penyebar informasi (citizen journalist) untuk dirinya dan orang lain,” katanya.

Menurut Poris, HUT ke-10 Berita11.com momen special bagi media yang dia pimpin. Di mana cikal bakal Berita11.com dimulai pada tahun 2011 silam sehingga menjadi kode tambahan di belakang nama Berita. Pada awalnya Berita11 menjadi media komunitas dan diluncurkan secara komersial melalui top level domain pada tahun 2014. “Kami sadar belum banyak capaian yang kami raih dalam usia sekarang ini. Tapi kami ingin terus menjadi warna bagi publik, bagi pembaca setia kami,” ujarnya.

Selain memberi piagam penghargaan kepada badan public yang dianggap memiliki kiprah positif bagi kepentingan publik, momen HUT ke-10 akan dirayakan secara sederhana oleh Berita11.com melalui kegiatan buka bersama oleh awak media.

Poris mengisyaratkan, Berita11.com group siap memberi warna lain bagi pembaca setiap dengan menyiapkan informasi yang berbeda yang merupakan kombinasi grafis, video, data mendalam, hasil analisis, table sebagai kongkritisasi narasi-deskriptif dari isi berita melalui website Tvsebelas.com yang sudah lebih dari satu tahun diluncurkan.

“Pada era pandemic yang sudah membuat banyak perubahan termasuk membuat industri sekarat, kita harus bergerak cepat, walaupun melalui langkah-langkah kecil. Kita ketahui sekarang adalah era post truth, di mana kadang kebenaran atau era truth hanya angan-angan dan media tidak lagi ekslusif dalam kasta informasi, era banjir informasi melalui medsos. Tetapi kita percaya jurnalisme mendalam seperti reportase, itu yang juga dicari pembaca sekarang,” ujarnya.

Poris mengatakan, meskipun secara umum media terpukul karena pandemic Covid-19, termasuk media lokal di NTB. Namun masih ada cahaya di ujung lorong yang bisa menjadi penerang bagi media online, termasuk Berita11.com, di mana sebagai mana hasil survei Asosiasi Penguna Jasa Internet Indonesia (APJII) pada periode 2019 hingga kuartal 2 tahun 2020 naik menjadi 73,7 persen dari populasi atau setara 196,7 juta pengguna internet, dengan populasi penduduk Indonesia 266,9 juta sebagaimana data BPS.

Pengguna internet terbesar di Pulau Jawa 56,4 persen, diiikuti Pulau Sumatera 22,1 persen, disusul Pulau Sulawesi 7 persen, Kalimantan 6,3 persen, Bali-Nusa Tenggara 5,2 persen dan Maluku-Papuan (3 persen). “Walaupun kita berdasak-desakan di medsos dan walaupun pola distribusi konten tetap kembali ke Medsos dan bersaing dengan citizen journalist, kita tetap optimis dengan variasi konten yang dibutuhkan, media tetap memiliki panggung sendiri,” ujarnya.

Untuk diketahui, Berita11.com adalah salah satu media yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia yang menjadi salah satu konstituen Dewan Pers, di mana sejumlah anggota redaksi Berita11.com telah bersertifikat kompeten dari Dewan Pers.


Harapan Pembaca Berita11.com

Sementara itu, Dandim 1614/ Dompu, Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom memberi apresiasi positif atas kiprah Berita11.com sebagai salah satu media yang menyiapkan informasi yang dibutuhkan publik.

“Kami mengharapkan media Berita11.com tetap eksis memberikan informasi terkait masalah, baik sosial, budaya, keamanan, ideology, politik maupun ekonomi di wilayah Kabupaten Dompu. Kemudian untuk lebih aktual dan lebih baiknya langsung mengkonfirmasi pada sumber yang berkompeten,” kata Dandim Dompu saat dimintai testimoni HUT Berita11.com, Senin (19/4/2021). [B-12]