Peringati HUT Dompu ke-206, Bupati dan Wabup Dompu Ziarah Makam Sultan Syamsuddin -->

Iklan Semua Halaman

.

Peringati HUT Dompu ke-206, Bupati dan Wabup Dompu Ziarah Makam Sultan Syamsuddin

Sunday, April 11, 2021
Unsur Forkopimda Kabupaten Dompu saat berada di atas bukit Sultan Syamsuddin. Foto Poris Berita11.com.

Dompu, Berita11.com - Bertepan dengan HUT atau hari jadi Dompu yang ke-206 tahun, Bupati Dompu Kader Jaelani dan Wakil Bupati H Syahrul Parsan S.T., M.T berkunjung ke Bukit Sultan yang terletak di Lingkungan Dorompana, Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu NTB, Minggu (11/4/2021) siang.


Kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Dompu dalam rangka melakukan ziarah makam Sultan Syamsuddin yang bergelar Sohibul Karomah Wal Fadillah dan Dewa Ma Wa'a Bata yang dinobatkan sebagai Sultan pertama membawa agama Islam di dompu pada tanggal 24 September 1545 Masehi.


Pantauan Berita11.com, tampak hadir Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, A.Mp., Par, beserta istri tercinta, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, S.H., S.I.K, Dandim 1614/Dompu, Kepala Kejari Dompu, Pj. Sekda H Moh Syai'un, S.H., M.Si, Kepala Dinas Pariwisata, beserta rombongan lainnya lingkup Pemda Kabupaten Dompu.

Bupati Dompu dan istri tercinta dan Wakil Bupati Dompu beserta istri tercinta usai tabur bunga ziarah makam Sultan Syamsuddin. Foto Poris Berita11.com.

Tiba di atas Bukit Sultan, Bupati Dompu didampingi istri tercinta dan Wakil Bupati juga didampingi istri tercinta beserta rombongan lainnya disambut dengan meriah oleh warga setempat dengan mengalungkan bunga.


Usai mendengarkan pembacaan sejarah singkat tentang Sultan Syamsuddin, Bupati Dompu dan Wakil Bupati berziarah dengan menabur bunga di atas batu yang diberi tanda sebagai batu nisan Sultan Syamsuddin.


Masih dalam pantauan Berita11.com, Bupati dan Wakil Bupati Dompu berserta rombongan lainnya tidak mau ketinggalan dalam momen perdana tersebut, kekudian acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama.


Setelah acara ziarah makam Sultan Syamsuddin, Bupati dan Wabup beserta rombongan berkunjung di makam Sultan yang ada di sekitar Masjid Baiturrahman Karijawa.

Bupati Dompu Kader Jaelani saat menabur bunga di atas batu sebagai nisan Sultan Syamsuddin dan dikuti oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan. Foto Poris Berita11.com.

Berikut sejarah singkat tentang Sultan Syamsuddin.


Sultan Syamsuddin adalah dewa ma wa'a taho yang pertama kali atau memeluk agama Islam. 


Sultan Syamsuddin diberi gelar oleh rakyatnya sebagai Sultan ma wa'a tunggu atau ma wa'a unggul karena unggul dalam menjalankan pemerintah negeri.


Selain itu, Sultan Syamsuddin juga unggul dalam menyebar luaskan agama Islam di sa-paju dana dompu yang pada waktu itu masih menganut animisme dan pengaruh agama Islam yang dibawa oleh Majapahit. 


Sultan Syamsuddin juga diberi gelar dewa ma wa'a bata karena Sultan Syamsuddin mendirikan istana bata di atas bukit di Kandai satu karena letak istana bata tersebut di atas bukit yang lebih dikenal oleh masyarakat sebagai Doro Bata.


Dorobata adalah tempat berangin-anginya Raja Dompu yang berhubungan langsung dengan nama sungai yang mengalir di bagian bawah bukit tersebut yang dikenal dengan Kali Lio.


Lio berarti Naga dan lambang kerajaan dompu saat itu adalah Naga. Sultan Syamsuddin menjabat selama 45 tahun dari tahun 1545 sampai 1590 Masehi. [B-10]