Plt Dikpora Kabupaten Dompu Tegaskan, Seleksi 700 PTK Dipastikan Berjalan Objektif -->

Iklan Semua Halaman

.

Plt Dikpora Kabupaten Dompu Tegaskan, Seleksi 700 PTK Dipastikan Berjalan Objektif

Monday, April 12, 2021
Plt Dinas Dikpora Kabupaten Dompu Drs. H. Rifaid, M.Pd. Dok. Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu Drs. H. Rifaid, M.Pd menegaskan pelaksanaan seleksi 700 Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dipastikan berjalan dengan keadaan yang sebenarnya tanpa ada pandangan lain atau pandangan pribadi.


"Dalam pelaksanaan seleksi nanti, kami pastikan tim akan bekerja secara objektif," kata Drs. H. Rifaid, M.Pd saat diwawancarai wartawan di halaman Kantor Dinas Dikpora, Senin (12/4/2021) siang.


Ia menjelaskan, PTK yang diseleksi sebanyak 700 orang dimaksud adalah hasil dari jumlah 4.019 orang PTK yang telah terdaftar di dalam Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) baik dari jenjang PAUD, TK, SD maupun SMP, bukan mengangkat PTK yang baru.


"PTK yang diseleksi ini dibuktikan dengan data DAPODIK atau Info GTK yang diangkat melalui SK Bupati, SK Kepala Dinas dan SK Kepala Sekolah," jelasnya.


Menurutnya, PTK selama ini tidak pernah mendapatkan insentif yang jelas, untuk itu pemerintah memberikan kesejahteraan bagi PTK di tahun 2021 ini dengan menyiapkan insentif sebesar Rp300 ribu per orang setiap bulan. 


Dengan diberikan insentif ini, H. Rifaid menambahkan, diharapkan akan dapat memotivasi kinerja para PTK dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, meski pun pemerintah menyadari bahwa insentif itu masih jauh dari Upah Minimum Regional (UMR) Dompu. 


"Dengan keterbatasan kemampuan finansial, pemerintah baru mampu menyiapkan isnetif sebesar itu, semoga kinerja PTK non PNS ini dapat maksimal," harapnya. 


Lebih jauh, H. Rifaid menerangkan, pelaksanaan seleksi itu dilakukan mengingat keterbatasan anggaran dan pemerintah hanya mampu menyiapkan insentif sebanyak 700 orang saja, sementara PTK yang tersebar sebanyak 4.019 orang.


"Mengingat jumlah PTK di Dompu ribuan, maka dengan terpaksa harus diseleksi untuk bisa menetapkan 700 orang secara obyektif sebagai penerima insentif dengan beberapa kriteria yang telah ditetapkan oleh panitia," terangnya. [B-10]