Rekonstruksi Akhlak Robbani, Program Ramadan Beradab -->

Iklan Semua Halaman

.

Rekonstruksi Akhlak Robbani, Program Ramadan Beradab

Tuesday, April 20, 2021
Kajian Online Program Ramadan Beradab yang Digelar STKIP Tamsis Bima dalam jaringan Melalui Aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (18/4/2021) lalu. 


Bima, Berita11.com— Ramadan Beradab adalah program yang diluncurkan oleh STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima dalam rangka meningkatkan semangat positif di bulan suci untuk umat muslim. Sebagai pembuka, pihak kampus merah menggelar kajian online bertema Rekontruksi Akhlak Robbani melalui Tilawah dan Hifzhil Quran.

Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si menjelaskan, Ramadan Beradab diisi oleh penceramah Ust. M Anugrah Arifin M.Pd.I. “Tema yang diangkat merupakan harapan yang ingin dicapai oleh kami di STKIP Taman Siswa Bima. Kajian online ini adalah harapan yang ingin dicapai oleh panitia dan merupakan gambaran dari keinginan yang diwujudkan melalui program Ramadan Beradab,” ungkap Ibnu Khaldun Sudirman, Selasa (20/4/2021).

Menurutnya, topik yang diangkat sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat, terlebih bagi kampus, menghadapi kemajuan teknologi yang sangat pesat. Setiap perkembangan teknologi akan diikuti oleh risiko bergesernya nilai dan karakter sosial.

“Kajian online Ramadan Beradab ini lebih fokus bagaimana membangun kembali akhlak rabbani dengan cara mendekatkan diri pada Alquran. Karena ini juga adalah salah satu visi kami, memperkuat Imtaq,” terangnya.

Ibnu menambahkan, kampus STKIP Tamsis Bima akan menggelar Ramadan Beradab selama dua pekan. Setidaknya, ada empat kegiatan yang akan dilaksanakan. Yaitu, hifdzul quran online, milenial berdakwah, pesantren mahasiswa, dan Tamsis mengaji. Empat program tersebut nantinya akan menargetkan siswa SD hingga mahasiswa.

Ketua Panitia Ramadan Beradab, Ramli M.Pd yang secara terpisah menyampaikan, kegiatan yang digelar merupakan syiar Islam di bulan berkah. Itu juga menjadi langkah untuk membumikan visi kampus.

“Ini menjadi salah satu target internalisasi visi dan misi keummatan dari kampus STKIP Taman Siswa Bima. Juga sebagai salah satu media bagi kita untuk tetap produktif di bulan penuh berkah ini,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan kajian online ini digelar pada Sabtu (18/4/2021) secara online melalui zoom meeting. Civitas akademika di STKIP Tamsis Bima menghadiri kajian tersebut di Masjid Al Baroqah Sudirman dan musala kampus STKIP Tamsis di Kota Bima. Kendati mendengarkan kajian melalui LCD, tetapi minat peserta mengikuti kajian relatif tinggi.

Editor: Redaksi