STKIP TSB dan UPSI Malaysia Rancang Kuliah Internasional -->

Iklan Semua Halaman

.

STKIP TSB dan UPSI Malaysia Rancang Kuliah Internasional

Thursday, April 22, 2021
Ketua STKIP Taman Siswa Bima Bersaama Pimpinan Kampus.


Bima, Berita11.com— Setelah sukses membangun komunikasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (STKIP TSB) dan University Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia, menandatangani nota kesepahaman (momenrandum of understanding/ MoU).

Tindaklanjut dari MoU tersebut, kampus merancang program kuliah internasional atau transfer kredit.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) STKIP TSB, Ramli M.Pd menjelaskan, komunikasi dengan UPSI dengan kantor urusan internasional kampus setempat terus dan gencar dilakukan.

Sebagaimana hasil komunikasi dengan International Mobility Center UPSI, bahwa surat resmi kerja sama (letter of Intent/ LoI) yang dikirim adalah bukti nyata bahwa UPSI sangat bersedia berkolaborasi dengan STKIP Taman Siswa Bima.

Adapun STKIP Tamsis Bima juga tengah menyiapkan kerja sama kuliah internasioanal (transfer kredit) dengan mahasiswa UPSI. “Teknisnya, kedua kampus akan melakukan pertukaran mahasiswa untuk belajar. Di samping itu, persiapan kerja akademik lain seperti kuliah S2 dan S3 di UPSI adalah hal penting yang menjadi poin dari MoU yang disiapkan,” kata Ramli, Kamis (22/4/2021).


Ramli mengatakan, sejumlah kegiatan itu segera dimulai dalam waktu tak lama lagi, setelah pihaknya mengirim kembali naskah MoU yang telah ditandatangi ke UPSI. Untuk sementara, pihak UPSI tengah mempelajari poin-poin yang ditawarkan STKIP Tamsis Bima.

“Bahkan, UPSI menyebarkan poin tersebut ke seluruh fakultas yang memiliki jurusan yang yang linear. Kemudian disesuaikan dengan program kolaborasi yang akan dilaksanakan ke depan,” kata Ramli.

Merespon perkembangan kerja sama tersebut Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si mengatakan, kampus setempat akan tetap terus berbenah.

Menurutnya, ikhtiar harus terus dilakukan untuk mewujudkan visi maupun misi kampus. “Sebagai kampus yang konsen di pendidikan, kita akan tetap terus menjemput peluang untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan kampus-kampus besar. Baik itu di dalam maupun luar negeri,” katanya.

Dengan demikian, katanya, akan membuktikan bahwa kampus STKIP TSB benar-benar mewujudkan motto pendidikan untuk peradaban.

Ketua STKIP TSB meminta wakil ketua kampus menyusun sejumlah kegiatan bersama seluruh pimpinan program studi lingkup STKIP Tamsis Bima, meningkatkan kegiatan pengabdian yang difokuskan pada LPPM, menyusun langkah strategis menyambut kerja sama itu.

STKIP Tamsis Bima terus berbenah dalam berbagai hal, baik dalam upaya meningkatkan sumber daya maupun jejaring nasional dan internasional. Kabar baik pada bulan suci Ramadan 1442 Hijriah bagi kampus setempat, sampainya LoI yang dikirim International Mobility Centre UPSI Malaysia.

Penandatanganan MoU dilakukkan Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si didampingi Wakil Ketua STKIP TSB, Dr Syarufuddin M.Pd, Kepala KUI, Ramli, M.Pd dan sejumlah pimpinan pada Rabu, 21 April 2021. [B-11]