Disnakertrans KSB Gandeng Serikat Buruh Isi May Day dengan Kegiatan Positif -->

Iklan Semua Halaman

.

Disnakertrans KSB Gandeng Serikat Buruh Isi May Day dengan Kegiatan Positif

Sunday, May 2, 2021


Taliwang, Berita11.com—Hari buruh sedunia 1 Mei 2021 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) diperingati para pekerja dan serikat buruh dengan kegiatan positif. Kegiatan itu difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dsnakertrans) KSB.
 
Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans KSB, Tohirudin SH mengatakan, kegiatan May Day berlangsung di Vescobar Cafe dan Resto Kecamatan Taliwang KSB  berupa ngabuburit, pembagian takjil dan masker kepada masyarakat, buka puasa bersama Pemda KSB, Polres KSB, serikat buruh KSB, sejumlah pengusa.

Dikatakannya, kegiatan juga disertai hiburan musik dan hadiah kejutan (door prize). “Pelaksanaan May Day 2021 dihajatkan untuk merayakan hari buruh se-dunia yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2021. Serikat pekerja perlu wadah untuk menyampaikan aspirasi dalam rangka penataan masalah ketenagakerjaan yang sangat kompleks di KSB,” ujarnya di Taliwang, Sabtu (1/5/2021).

Pemerintah hadir memfasilitasi perayaan May Day 2021 dengan melalui yang positif. “Mengingat saat ini kita dalam situasi penanganan pandemi covid-19 dan bulan puasa,” ujarnya. 

Tohirudin menambahkan, kegiatan May Day di KSB melalui standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19.  Dalam kegiatan itu, juga ada sesi diskusi antara tenaga kerja KSB, tenaga kerja Provinsi NTB melalui Balai Pengawasan Norma dan K3 Pulau Sumbawa. Serikat Pekerja membahas isu dan kondisi tenaga kerja di KSB serta mengupdate informasi berkaitan pemeriksaan khusus pengawas terkait kecelakaan kerja yang terjadi beberapa waktu terhadap karyawan PT McMahon, subkontraktor PT AMNT. 

Dalam kesempatan tersebut Disnaker KSB menyerahkan SK dan spanduk pembentukan cabang posko konsultasi dsan aduan pembayaran THR keagamaan kepada camat se-KSB dan ketua serikat pekerja/serikat buruh yang tercatat pada Disnaker KSB.  

“Untuk tahun 2021 kita merangkul semua pihak agar bersama-sama melakukan pemantauan, sekaligus mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat di setiap kecamatan,” isyarat Tohirudin. 




Pada momentum May Day 2021 Pemkab KSB melalui Disnaker KSB setempat, serikat pekerja/serikat buruh menyampaikan duka cita atas kecelakaan kerja yang merenggut nyawa salah satu pekerja (buruh) di tambang batu hijau.  

Pada akhir, Disnaker KSB mengajak parah buruh dan tamu memberi santunan kepada anak yatim dari Panti Asuhan Baitujanati (Pakirum) KSB.

Sejumlah pihak yang hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Pj Sekda KSB yang diwakili Asisten Setda KSB,  Waka Polres Sumbawa Barat dan jajaran, Kabid HI dan Perlindungan Tenaga Kerja KSB, Kepala Balai Pengawasan Norma dan K3 Pulau Sumbawa, Agus Gole dan jajaran,  Sekretaris DPC SPN Sumbawa Barat Ranjuliarda dan anggota,  PC SPSI Sumbawa Barat dan anggota, DPI SPAT Samawa Andre Mawo Gili dan Agus Kurniawan,  Ketua SBSI Sumbawa Barat Malikurahman, perwakilan PT Amman mineral Nusa Tenggara, Livi Olivia,  PT Trakindo Utama, Johan Untung, 40 warga Panti Asuhan Baitujanati , camat se-KSB dan buruh nonserikat pekerja/serikat buruh tambang dan nontambang. [B-14]