Empat Pelaku Bom Ikan Ditangkap Polairud Polres Dompu, Dua Orang Lidik -->

Iklan Semua Halaman

.

Empat Pelaku Bom Ikan Ditangkap Polairud Polres Dompu, Dua Orang Lidik

Sunday, May 2, 2021
Petugas saat mengangkat BB di TKP hendak diamankan ke Mapolsek Kilo. Foto ist.


Dompu, Berita11.com - Empat orang nelayan yang diduga pelaku penangkap ikan dengan cara menggunakan bom di wilayah perairan Desa Kiwu, Kecamatan Kilo berhasil diamankan oleh Satuan Polairud Polres Dompu, Minggu (2/5/2021) pagi, sekira pukul 08.30 Wita.


Dari keempat terduga pelaku, tiga diantaranya warga asal Dusun Pasir Putih, Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima yang merupakan satu kelurga yakni AT (istri) 40 tahun, SL (suami) 45 tahun dan AW (anak) pria 22 tahun.


Sedangkan satu orang lainnya yakni warga Dusun Mangge Maci, Desa Kiwu, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu berinisial HJ pria 21 tahun. Sementara, LT pria 21 tahun dan ML pria 36 tahun yang diketahui tetangga HJ masih dilakukan penyelidikan.


Kasat Polairud Ipda Lalu Muhammad Ikhsan menjelaskan, memerintahkan tiga orang anggota yakni Brigadir Muhammad Alaudin Brigadir Abdul Kadir dan Briptu Zulkifli Putra Utama untuk melakukan penyelidikan di wilayah tersebut terkait pengeboman ikan.


Namun anggota tidak langsung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), yakni di bibir pantai tempat para pelaku nyandar, akan tetapi anggota menunggu di tempat lain dengan berjarak kurang lebih 100 meter dengan TKP.


"Setiba di pesisir desa itu, para pelaku langsung diamankan oleh anggota dan dibackup oleh anggota Polsek Kilo yang dipimpin Kapolsek Iptu Yuliansyah beserta BB (Barang Bukti) akhirnya dibawa ke Mapolsek Kilo menggunakan mobil Patroli Polsek Kilo," jelasnya.


Sebelumnya, pada Jumat (30/4) tidak ada kegiatan dari nelayan. Karena, menurut informasi dari warga setempat, para pelaku sudah mengetahui kedatangan petugas dengan informasi yang didapat, petugas langsung merbal sesteam penyergapan mendadak.


"Namun, pada Minggu (2/5) pagi, tiba-tiba pelaku datang dan melakukan kegiatan pengeboman ikan di perairan desa tersebut, akhirnya anggota berhasil mengamankan para pelaku," ungkap Kasat Polairud.


Selain empat terduga pelaku, petugas juga berhasil mengamankan BB diantaranya, satu unit kapal dengan nama Kasimpa Wali, satu unit kompresor, satu unit selang 50 meter.


Kemudian dua pasang sepatu katak, tiga pucuk panah ikan, dua kaca mata selam, dua jaring ikan ukuran kecil, dua unit senter, satu alat pancing, dua lampu kelap kelip kapal, lima ekor ikan empar ekor jenis ikan panjang dan satu ekor ikan Poso. [B-10]