Pimpin Upacara Hardiknas, Begini Pesan Kepala SMPN 7 IT Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Pimpin Upacara Hardiknas, Begini Pesan Kepala SMPN 7 IT Dompu

Monday, May 3, 2021
Kepala SMPN 7 IT Dompu saat menyampaikan amanatnya. Dok. Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Kepala SMPN 7 IT Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu NTB, M. Hasan Sarujin, S.Pd pimpin upacara dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Senin (3/5/2021) pagi.


Dalam amanatnya, Kepala SMPN 7 Dompu berpesan terhadap peserta didik agar jangan pernah lupakan jasa Ki Hajar Dewantara sebagai pahlawan pendidikan.


Menurut Hasan, Ki Hajar Dewantara dikenal karena berani menentang atas kebijakan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu lebih khusus dunia pendidikan.

Detik-detik pengibaran sang merah putih dalam rangka Hardiknas di lapangan SMPN 7 IT Dompu. Dok. Berita11.com.

"Ki Hajar Dewantara memiliki prinsip yang tegas, ia menantang pemerintah saat itu yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang-orang kaya saja yang bisa mengenyam bangku pendidikan," terangnya.


Atas perjuangannya itu, lanjut Hasan, hingga saat ini anak-anak di seluruh Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak tanpa pandang bulu atau status sosial.


"Berkat Ki Hajar Dewantara, kebebasan untuk mendapatkan pendidikan yang layak sekarang dirasakan oleh kita semua sampai sekarang ini," ungkapnya.

Dewan guru SMPN 7 IT Dompu saat mengikuti upacara Hardiknas. Dok. Berita11.com.

Di akhir amanatnya, Hasan mengajak peserta didik beserta dewan guru yang ikut upacara agar sama-sama ikut mensukseskan program Mendikbud tentang Merdeka Belajar. 


Selain itu, Hasan juga mengarahkan agar Handphon atau Android yang dimiliki peserta didik dan dewan guru dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, apalagi, banyak ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan dari situ.


"Jangan merasa puas dengan apa yang disampaikan oleh bapak ibu guru di kelas, tetapi dengan Android kalian, bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang lebih, Mari kita memanfaatkan teknologi ini dengan sebaik-baiknya," pungkasnya. [B-10]