Ramadan Beradab, Upaya Kontinyu STKIP Tamsis Bangun Iklim Pikir dan Zikir -->

Iklan Semua Halaman

.

Ramadan Beradab, Upaya Kontinyu STKIP Tamsis Bangun Iklim Pikir dan Zikir

Tuesday, May 4, 2021
Suasana Kegiatan Lomba Ramadan Beradab di Masjid Al Barokah Sudirman STKIP Taman Siswa Bima.


Bima, Berita11.com— Pada era sebagian banyak manusia memuji kemajuan teknologi yang disertai pemikiran pragmatisme, kualitas sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan memiliki moral adalah hal utama yang dibutuhkan dalam lingkungan kerja kerja maupun masyarakat.

Hal itu tampaknya menjadi salah satu fokus utama Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan (STIKP) Taman Siswa Bima dalam membentuk mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik dan karakter positif. Pada Ramadan 1442 Hijriah, kampus setempat menggelar lomba dengan tagline Ramadan Beradab dan tema puasa tak menghentikan karya.

STKIP Taman Siswa mengemas syiar Ramadan tahun ini dengan menghadirkan empat lomba, yaitu Tamsis mengaji, milenial berdakwah, hifdzil quran online, dan pesantren mahasiswa yang digelar pada Minggu (24/4/2021) lalu.

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si, dalam sambutannya pada pembukaan Tamsis Mengaji menyampaikan, program Ramadan Beradab adalah salah satu implementasi dan internalisasi visi-misi kampus, di samping program iklim pikir dan zikir.

Ibnu berharap, kegiatan itu membentuk mahasiswa-mahasiswi yang beradab, yang mampu menginternalisasi nilai-nilai keislaman dan ilmu pengetahuan dalam keseharian serta mendorong semangat wirausaha.

Tamsis Mengaji adalah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat mahasiswa Taman Siswa yang diikuti mahasiswa kampus setempt. Kegiatan berlangsung di Masjid Al Barokah Sudirman dan diikuti lebih kurang 30 peserta.




Lomba lain yang diadakan adalah hifdzil quran online dan milenial berdakwah yang diikuti siswa-siswi SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Bima. HaQi online berlangsung Senin dan Selasa, 3-4 Mei 2021 secara daring, sedangkan untuk milenial berdakwah, peserta mengirimkan video ceramah ke link yang sudah disiapkan, yang kemudian dinilai tim juri yang sudah ditugaskan oleh pihak STKIP Taman Siswa Bima.

Pesantren mahasiswa diisi dengan berbagai macam kegiatan, seperti salat duha, buka puasa bersama, tarawih dan witir di kampus, setor hafalan dan syiar Ramadan lainnya.

Ketua panitia Ramadan Beradab, Ramli M.Pd, mengatakan, selain sebagai syiar Ramadan, kegiatan tersebut juga sebagai ajang promosi kampus ke masyarakat. “Alhamdulillah antusias peserta sangat tinggi, terbukti yang mendaftar cukup banyak,” ujarnya di STKIP Taman Siswa, Senin (3/5/2021).

Sebagaimana rencana, pengumuman juara dan penutupan Ramadan Beradab akan digelar pekan depan, menghadirkan para peserta dari seluruh jenis lomba yang menjadi juara lomba tersebut. [B-19]